Rutin Melekan dan Musik Setiap Malam

0
230
MERIAH: Suasana di poskamling Kampung Baru saat penilaian bulan lalu.

Warga Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, patut berbangga. Sebab, poskamling Kampung Baru di desa itu mampu meraih gelar juara I tingkat Jawa Timur.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-ABDUL AZIZ, Gambiran-

KEPEDULIAN masyarakat yang tinggi terhadap keamanan lingkungan menjadi modal utama poskamling Kampung Baru, Desa Jajag, dalam melangkah meraih gelar juara. Setiap malam, warga Lingkungan Kampung Baru kompak melakukan ronda bergiliran. Mereka secara suka rela berjaga sesuai jadwal yang disepakati bersama.

Agar para anggota masyarakat yang menerima giliran jaga kuat melekan, bukan hanya kopi yang menemani mereka, tapi terkadang juga musik. Bukan hanya rutin melakukan ronda secara bergilir, partisipasi masyarakat terhadap poskamling juga terasa kuat. Mereka pun mampu membuat lingkungan tempat tinggalnya terasa aman.

Selain itu, para anggota poskamling Kampung Baru juga mampu menguasai cara menanggulangi kecelakaan yang sewaktu-waktu bisa terjadi di lingkungannya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan tim Polda Jawa Timur memilih poskamling Kampung Baru sebagai juara. Poskamling tersebut berhasil menyisihkan 34 poskamling dari kabupaten/kota lain se-Jatim.

Atas prestasi tersebut, Kepala Desa Jajag, Supeno, diundang ke Mapolda Jawa Timur untuk menerima penghargaan dari Kapolda Jatim Irjen Pol. Hadiatmoko. Poskamling Kampung Baru bukan kali ini saja meraih prestasi. Sebelumnya, pos di bawah binaan Polsek Gambiran itu juga meraih juara di tingkat desa dan kecamatan.

Begitu berhasil meraih juara di tingkat ke camatan, poskamling Kampung Baru dit unjuk Pemerintah Kecamatan Gambiran un tuk menjadi wakil dalam lomba serupa di tingkat kabupaten. “Nah, dalam lomba ting kat kabupaten, poskamling Kampung Baru berhasil meraih juara satu. Juara dua diraih poskamling Purwoharjo,” kata Kapolsek Gambiran, AKP Ibnu Mas’ud.

Keberhasilan poskamling Kampung Baru meraih juara satu di tingkat kabupaten mengantarkan mereka mengikuti lomba serupa ke tingkat provinsi. Kedua poskamling yang mewakili Banyuwangi bertarung melawan utusan dari 34 kabupaten/kota di Jatim. “Setelah melalui penilaian tim juri, akhirnya poskamling Kampung Baru dinyatakan sebagai juara satu,” ujar AKP Ibnu.

Apa resep Polsek Gambiran sehingga bisa membina dan mengantarkan pos kam-ling Kampung Baru meraih juara Ja tim? Menurut Ibnu, yang dilakukan Pol sek Gambiran sebenarnya tak jauh beda dengan polsek lain di Banyuwangi, ya itu melakukan pembinaan dan patroli bersama, khususnya pada malam hari.

Melalui anggota Binmas Polsek Gambiran, Ka polsek Ibnu juga intens mengajak ma sya rakat agar peduli terhadap keamanan di ling kungan masing-masing. “Itu yang kita la kukan selama ini. Mereka kita ajak dan kita libatkan, misalnya melakukan patroli bersama,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :