Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Sehari Ada Empat Parpol Gelar Kampanye

sehariSetiap Partai Dapat Jatah Lima Kali

BANYUWANGI – Jadwal kampanye terbuka partai politik (parpol) sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Penetapan itu digelar melalui rapat pleno di Rumah Makan Pondok Wina, Minggu kemarin (2/3). Parpol peserta Pemilu masing-masing mendapat jatah menggelar kampanye terbuka sebanyak lima kali selama musim kampanye mulai 16 Maret hingga 5 April 2014 mendatang.

Dalam rapat pleno yang dihadiri parpol peserta Pemilu itu, KPU, dan parpol sepakat untuk menggelar empat kegiatan kampanye dalam sehari di daerah pemilihan yang berbeda. Pada hari pertama, ada empat parpol yang akan menggelar kampanye, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB),PKP Indonesia, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Sejatinya, musim kampanye akan berlangsung selama 21 hari.

Berhubung ada hari libur nasional, maka kampanye terbuka hanya digelar selama 20 hari saja. Sedangkan pada hari Senin (31/3) ditetapkan sebagai hari libur kampanye karena ada peringatan Hari Raya Nyepi ummat Hindu. Pembagian jadwal kampanye dalam sehari hanya ada empat parpol yang menggelar kampanye. Untuk mengisi kegiatan kampanye itu, KPU melakukan pengundian untuk menetapkan waktu dan tempat kampanye yang dilakukan partai politik.

“Dalam sehari, hanya empat dapil yang boleh digelar kampanye terbuka. Walau hanya empat dapil, namun partai akan berkesempatan menggelar kampanye di semua dapil,” ujar Ketua Pojka Kampanye KPU Banyuwangi, Irfan Hidayat. Hasil pengundian waktu dan tempat kampanye sempat mengundang protes dari partai politik. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak sepakat dengan hasil undian karena tidak mendapat jatah menggelar kampanye pada hari terkhir kampanye.

Partai berlambang Kakbah itu menghendaki agar dapat kesempatan kampanye di awal dan terakhir musim kampanye. Sementara hasil pengundian, PPP hanya berkesempatan menggelar kampanye pada hari pertama, sedangkan pada hari terakhir milik Partai Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN. Setelah mendapat penjelasan dari KPU, maka PPP dapat menerima hasil penetapan jadwal kampanye. Hari pertama kampanye, PPP dapat jatah menggelar kampanye di dapil V dan terakhir dapat jatah di dapil IV.

Terkait dengan lokasi kampanye di dapil II, KPU menetapkan tiga tempat. Yakni lapangan Desa Alasrejo, Kecamatan Wongserojo, Lapangan Kelurahan Penataban, Kecamatan Giri, dan Taman Blambangan. Untuk Taman Blambangan, KPU masih akan koordinasi dengan Pemkab Banyuwangi karena terkait masalah ruang terbuka hijau (RTH) yang tidak boleh jadi tempat kampanye partai politik.

Ketua KPU Syamsul Arifin mengimbau parpol peserta Pemilu untuk menciptakan suasana kampanye aman dan damai. Syamsul minta parpol manfaatkan masa kampanye untuk menyosialisasikan program, visi dan misi partainya kepada masyarakat. “Keberhasilan pesta demokrasi tergantung dari para peserta Pemilu. Ayo kita sukseskan pemilu dengan damai dan aman,” ajak komisioner KPU yang mantan wartawan tersebut. (radar)