Sehari, Ijen Dikunjungi 2000 Wisatawan

0
1324

BANYUWANGI – Kunjungan wisatawan ke Banyuwangi selama liburan Lebaran Idul Fitri meningkat drastis. Lonjakan kunjungan wisata itu berdampak terhadap meningkatnya okupansi hotel hingga 90 persen dibanding hari-hari sebelumnya.

Kegiatan wisata selama liburan Lebaran tahun ini, meningkat tajam dibanding tahun sebelumnya. Jika sebelumnya, kegiatan didominasi wisatawan lokal tahun ini wisatawan luar daerah mulai menyerbu Banyuwangi.

“Semoga liburan wisatawan di Banyuwangi menyenangkan. Mohon maaf jika masih ada kekurangan, Insya Allah kami terus berbenah,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas. Menurut, Anas kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan mendorong kegiatan ekonomi daerah.

Loading...

“Alhamdulillah, berkat pengembangan wisata yang juga diiringi dengan kinerja pertanian dan UMKM, perekonomian Banyuwangi terus tumbuh, pendapatan perkapita warga naik, kemiskinan turun,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, menambahkan, destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain Kawah Ijen, Bangsring Underwater, Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo, Teluk Hijau, Grand Watu Dodol, dan hutan pinus Songgon.

Meningkatnya arus wisatawan ke Banyuwangi tidak hanya didominasi para pemudik saja. Wisatawan yang sengaja datang berlibur ke Banyuwangi juga cukup banyak. Ini terlihat dari melonjaknya tingkat hunian penginapan di Banyuwangi.

“Ada hampir 4.000 kamar hotel di Banyuwangi. Saat libur Lebaran ini, okupansi hotel di atas 90 persen, bahkan tak sedikit yang 100 persen,” jelas Bramuda. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi, Zaenal Muttaqin menambahkan, lonjakan hunian terjadi mulai H-4 hingga melonjak naik pada H+5 Lebaran.

Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan Hutan Pohon Pinus Songgon dan beberapa destinasi lain juga menjadi jujugan favorit wisatawan. Catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyebutkan, Kawah Ijen dikunjungi sekitar 2.000 wisatawan per hari, Pulau Merah 4.000 pengunjung per hari, dan hutan pinus Songgon 5.000 orang per hari. Rata-rata pada hari biasa, destinasi tersebut dikunjungi 1.000 wisatawan per hari. (radar)

loading...
SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

SERVICE AC, KULKAS, MESIN CUCI

JAYA TEKNIK melayani servis AC KULKAS MESIN CUCI DLL HUB 085321106214 BANYUWANGI KOTA
07/28/2017
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :