Siswa SD Diajari Merakit Robot

  • Bagikan

Seorang-murid-SD-mengotakatik-robot-di-pendapa-SMPN-1-Banyuwangi,-kemarin

BANYUWANGI – Ilmu robotika yang selama ini lebih populer dikembangkan oleh siswa SMP, SMA, maupun Universitas, kemarin (21/2) mulai  dijamah oleh siswa tingkat sekolah dasar (SD). Agar tertarik, para siswa SD ini mempelajari robot  melalui permainan robot soccer yang dilakukan di pendapa SMPN 1 Banyuwangi.

Para siswa SD yang terdiri dari kelas 2 hingga 6  ini sehari sebelumnya diajari terlebih dahulu cara  merakit robot. Dengan bantuan orang tua mereka, para siswa ini tinggal merangkai saja komponen yang sebelumnya terpisah.sebagian ada komponen yang disediakan oleh anggota Robo Corner dari SMPN 1 Banyuwangi, sisanya, para siswa SD mencari  sendiri komponen tersebut.

Baru setelah mereka mengetahui cara kerja dari robot tersebut, selanjutnya mereka mengikuti lomba robot soccer, mirip dengan permainan bola. Dua orang siswa SD menggerakkan robot dengan stick pengontrol yang tersambung dengan kabel untuk saling memasukkan bola ke dalam gawang.

Meski robotika sebenarnya adalah sesuatu yang  rumit, namun para siswa SD itu tampak gembira ketika mereka bisa memainkan dua buah robot yang saling berebut bola. Agus Hariyanto, pembina robotika SMPN 1 Giri mengatakan, jika cara ini dia lakukan untuk  dapat meningkatkan minat siswa SD pada Robotika.

Selama ini robotika belum tersentuh oleh siswa sekolah dasar. Meskipun masih menggunakan peralatan standar, para siswa banyak yang tertarik. Tinggal bagaimana mengajari mereka untuk   memahami lebih dalam cara dan pola robot bekerja.

“Sengaja kita arahkan dengan cara robot soccer supaya mudah menarik minat. Harapannya nanti ada lomba robotika yang dimenangi siswa SD asal Banyuwangi. Judulnya parenting family workshop karena orang tua kita libatkan,” kata Agus. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: