SMAN 1 Giri Terapkan SKS

0
136

BANYUWANGI – SMAN 1 Giri, Banyuwangi siap melaksanakan Sistem Kredit Semester (SKS) mulai tahun pelajaran 2013-2014 ini. Dengan menerapkan sistem tersebut, siswa sekolah yang satu ini dimungkinkan bisa menyelesaikan studi tingkat SMA tersebut “hanya” dalam waktu dua tahun atau empat semester. Sosialisasi penerapan SKS, itu pun dilakukan dengan mengundang sejumlah stakeholder di aula SMAN 1 Giri, jalan HOS Cokroaminoto, Banyuwangi kemarin (13/5).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala SMAN 1 Giri, Drs Mujiono M.Pd mengatakan, aplikasi SKS di sekolah memiliki landasan hukum yang kuat. “Intinya, pasal tersebut mengatur satuan pendidikan SMA, SMK, MA, SMA-LB, diperbolehkan menerapkan sistem SKS,” ujarnya. Dikatakan, ada sejumlah permasalahan yang mengakibatkan banyak sekolah yang tidak menerapkan SKS sesuai UU dan regulasi yang berlaku.

Loading...

Sebab, untuk bisa mewujudkan aplikasi SKS, sekolah harus mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang, baik sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan kultur sekolah. “Nah, SMAN 1 Giri sudah memenuhi syarat dan layak melaksanakan aplikasi SKS mulai tahun ajaran 2013-2014, ini,” kata Mujiono. Beberapa daya dukung dimaksud adalah infrastruktur SMAN 1 Giri sangat memadai. Misalnya saja, setiap kelas sudah dilengkapi LCD dan proyektor serta didukung dengan Local Area Network (LAN).

Sekolah yang dahulu bernama SMAN 2 (Smada) Banyuwangi, ini juga memiliki 2 laboratorium bahasa, dan masing-masing satu laboratorium kimia, fi sika, dan biologi yang kondisinya sangat representatif. Di bidang SDM, SMAN 1 Giri memiliki 54 tenaga pengajar (guru) yang 36,1 persen di antaranya sudah menggenggam titel sarjana strata dua (S-2). Lingkungan sekolah yang bersih, indah, rindang, dan nyaman juga menjadi poin plus tersendiri sehingga siswa tidak jenuh berlama-lama di sekolah. Keuntungan lain, siswa yang memiliki kecakapan dalam kecepatan belajar (cerdas istimewa) bisa menuntaskan studi hanya dalam waktu dua tahun (empat semester). Bagi siswa cerdas, bisa menuntaskan seluruh beban SKS dalam waktu 2,5 tahun.(radar)

Loading...