Stok Menipis, Harga Cabai Rawit Meroket

0
1642

GENTENG – Harga cabai rawit di pasaran melonjak. Di Pasar Induk Genteng, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, harga cabai rawit super tembus Rp 50 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai yang terjadi sejak empat hari sebelumnya tersebut diduga karena stok yang semakin menipis. Diperkirakan, harga cabai ini juga masih terus akan naik.

“Harga cabai belum akan menunjukkan turun, justru akan naik terus,” terang Syaifullah, 30, salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Genteng.

Pria asal Desa Sumbersari, Kecamatan Srono tersebut mengatakan, harga cabai itu sebelumnya relatif aman dengan harga Rp 40 ribu perkilogram. Tapi, sejak empat hari lalu terus naik hingga kini tembus Rp 50 ribu per kilogram. “Ini termasuk lumayan tinggi,” katanya.

Syaifullah menambahkan, persediaan cabai rawit yang ada sekarang hanya mengandalkan hasil panen dari petani lokal yang ada di sekitar Banyuwangi. Sedang pasokan dari luar daerah, sudah tidak ada. “Hasil panen petani lokal juga terbatas,” terangnya.

Sampai sepekan kedepan, lanjut Syaifullah, diprediksi stok cabai masih terbatas dan harga akan cenderung naik. “Harga cabai akan terus naik, tapi rasanya tidak sampai Rp 60 ribu per kilogram,” ucapnya seraya menyebut dalam sehari bisa menjual cabai rawit hingga dua kuintal.

Pedagang cabai lainnya, Aminah, mengungkapkan meski harga cabai mengalami kenaikan, pembeli masih aman dan tidak mengalami penurunan. “Harga naik tapi yang membeli masih tetap seperti biasa,” ucapnya.

Dengan naiknya harga cabai, kata dia, masalah keuntungan tidak berpengaruh. Hanya saja, saat harga mahal semuanya menjadi heboh dan jumlah uang yang dibayarkan menjadi lebih banyak. “Kalau kita (harga naik) suka-suka saja, tapi ya ramai begini,” terangnya.

Baca :
Nasib Naas, Pria Asal Cluring Meninggal Dunia Saat Hendak Nyalip Truk Gandeng

Sementara itu, salah satu pengurus Asosiasi Agrobisnis Cabai Indonesia (AACI) Kabupaten Banyuwangi, Joko Supriyo, mengatakan harga cabai saat ini memang cukup mahal. Tapi, itu sebenarnya sudah mulai menurun. Mahalnya harga cabai ini, salah satunya karena hasil panen yang tidak banyak, dan beberapa petani mengalami gagal panen.

“Harga cabai memang agak mahal,” sebutnya.