Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Tim Gegana Polda Jatim Akhirnya Ledakkan Benda Mirip Granat di Banyuwangi

Kapolsek Pesanggaran dan Tim Gegana Brimob Polda Jatim saat Hendak Meledakkan Benda Mirip Granat, Selasa (21/12). Jaenudin/Banyuwangihits.id

Sebanyak 206 benda mirip granat yang ditemukan di Perkebunan PTPN XII Sumber Jambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, akhirnya diledakkan Tim Gegana Polda Jatim.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi mengatakan, Tim Gegana Polda Jatim tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB. Peledakan dilakukan karena benda tersebut merupakan peledak aktif.

Setibanya di lokasi, 5 orang Tim Gegana yang dipimpin oleh IPTU Agus Hariono langsung melakukan pemeriksaan ratusan benda logam yang mirip granat tersebut. Rupanya benda-benda itu bukanlah granat, melainkan mortir bulat.

Mortir bulat merupakan amunisi dari senjata meriam yang sering digunakan pada masa penjajahan dulu.

“Setelah diperiksa ternyata itu bahan peledak aktif. Bukan jenis granat, melainkan mortir bulat. Itu amunisi meriam. Kondisinya masih aktif,” kata Subandi kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Tim Gegana langsung melakukan disposal untuk selanjutnya dilakukan peledakan. Peledakan dilakukan tak jauh dari lokasi penemuan awal, yakni di Perkebunan Sumber Jame milik PTPN XII.

“Karena lokasinya jauh dari pemukiman warga, jadi langsung diledakkan di tempat,” ucapnya.

Sampai pukul 17.00 WIB, pemusanahan benda diduga granat tersebut masih berlangsung. Pada disposal tersebut, dari 6 butir yang diledakkan ternyata hanya 2 saja yang meledak.

“Tadi uji coba peledakkan tahap pertama. Benda yang diledakkan 6 butir tapi yang meledak hanya 2 butir,” tuturnya.

Mengingat waktu yang terbatas, disposal atau peledakkan ditunda. Peledakkan dilanjutkan pada Selasa 21 Desember 2021 pagi hari.

“Ada 206 butir, tapi masih diduga, untuk yang pasti granat ada 8. Karena ada pelatuknya atau kunci pemicu di benda bulat tersebut,” kata AKP Subandi.

Sebagai informasi, penemuan 206 benda yang diduga granat itu pertama kali diketahui oleh Andi, warga Dusun Kedungrejo, Desa/Kecamatan Bangorejo saat mencari benda antik mengunakan alat metal detektor.

Benda itu ditemukan di areal perkebunan PTPN XII Sumberjambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Andi tak menyangka saat sampai di lokasi, alarm alat metal detektor berbunyi. Andi mengira jika di dalam tanah, alatnya tersebut mendeteksi ada uang logam, namun setelah digali ternyata berisi ratusan benda diduga granat.

Karena khawatir, Andi lantas melaporkan penemuannya itu ke Kepala Dusun Sumberjambe, Zaenal Abidin. Lalu ditindaklanjuti dengan melaporkan ke Polsek Pesanggaran.

Setelah mendapat laporan, polisi bersama TNI dan Kepala Desa Kandangan langsung bergerak mendatangi lokasi, untuk memastikan. Dan memang benar, di lokasi tersebut ada sebanyak 206 buah benda bulat mirip granat dalam keadaan karat dan lengket dengan tanah.

Sumber : https://banyuwangihits.id/berita/tim-gegana-polda-jatim-akhirnya-ledakkan-benda-mirip-granat-di-banyuwangi.html#adsKiri_UP1

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE