Truk Bermuatan Sekam Overload Ganggu Lalu Lintas

  • Bagikan
TERLALU TINGGI: Truk muatan sekam yang melintas di jalan raya Desa/Kecamatan Sempu hingga meninggi dan membahayakan pengendara lain, kemarin (1/6). Foto : radarbanyuwangi.jawapos.com

Jalan raya di Dusun Tugung, Desa/Kecamatan Sempu selama ini sering dilewati kendaraan truk yang bermuatan sekam. Dalam sehari, bisa puluhan truk yang melintas dengan mengangkut sekam hingga overload seperti kemarin (1/6).

Truk bermuatan sekam itu, dikeluhkan para pengendara lain. Muatan truk yang overload hingga menjulang tinggi, dianggap membahayakan dan menjadi biang kepadatan arus lalu lintas.

“Parah sekali, apalagi kalau pas ada di belakangnya, nyaris tidak bisa melihat jalan. Sekamnya juga banyak yang beterbangan dan mengenai mata,” keluh Habibi, 40, warga Dusun Tugung, Desa/Kecamatan Sempu.

Habibi mengaku bingung harus mengadukan pada siapa. Sebab, truk yang membawa sekam hingga overload itu hamper terjadi setiap hari, dan mereka itu juga aman-aman saja. “Apa polisi mengizinkan ya, kok dibiarkan saja, padahal sudah meresakan,” katanya.

Hal senada disampaikan, Joko Setiawan, 34, warga Desa/Kecamatan Sempu. Menurutnya, jika berpapasan atau sejalan dengan truk yang bermuatan sekam hingga overload, ia lebih baik berhenti dulu.

Melihat muatanya yang penuh, takut tertimpa. “Lebih baik mengalah mencari aman, dari pada kejatuhan muatan,” cetusnya.

Kanitlantas Polsek Genteng, Ipda Wahid Hasyim mengatakan akan melakukan penyisiran di jalan yang dilintasi truk muatan sekam itu. Jika menemukan ada pelanggaran, pihaknya akan memberi peringatan kepada truk-truk tersebut.

“Itu tidak boleh, kita akan beri pemahaman pada sopir truk, itu membahayakan pengendara lain,” ungkapnya.(kri/abi) (bw/kri/als/JPR)

Sumber : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2021/06/03/265367/truk-bermuatan-sekam-overload-ganggu-lalu-lintas

Baca :
Pasien RSUD Blambangan Jatuh dari Lantai Dua Bangunan Proyek, Luka Serius Lalu Tewas
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: