Warga Desa Balak Gelar Tradisi Jenang Suro

0
581
Turis dan Ibu-ibu Desa Balak, Kecamatan Songgon mengolah jenang suro, kemarin (22/10).

SONGGON-Masyarakat di Desa Balak, Kecamatan Songgon punya cara menarik dalam memperingati tahun baru hijriyah atau Suro, yang dikenal banyak cerita dalam perjalanan Islam dan perjuangan para nabi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Untuk mengenang dan memperingati itu, warga di Desa Balak, Kecamatan Songgon ramai-ramai membuat Jenang Suro kemarin. “Jenang Suro itu tradisi warga Desa Balak setiap Suro,” cetus Kepala Desa Balak, Ribut Santoso.

Menurut Ribut, tradisi Jenang Suro itu sebenarnya budaya masyarakat Osing dan masyarakat Muslim Jawa yang sudah berlangsung turun temurun. “Ini berasal dari kisah Nabi Nuh saat membuat perahu,” terangnya.

Pembuatan jenang Suro itu, terang dia, biasanya dilakukan warga dengan menggunakan wajan yang sangat besar. Jenang yang dimasak, diaduk beramai-ramai dengan pengaduk besar seperti dayung perahu. Dalam proses inilah muncul semangat gotong-royong, kebersamaan, kekompakan, tolong-menolong, jiwa berbagi, dan berbagai nilai positif lainnya. “Kekompakan warga itu mencerminkan warga desa yang senang kerjasama,” katanya.

Dalam tradisi Jenang Suro itu, lanjut dia, berbagai kegiatan tradisi dan kesenian dilakukan warga, antara lain pembuatan kirab Jenang Suro, ritual doa untuk desa, pentas kesenian tradisional dan kontemporer, sarasehan budaya, dan lainnya. “Ini murni dari swadaya masyarakat,” katanya.

Ribut mengatakan Jenang Suro yang dimasak warga dalam tradisi ini, selanjutnya akan diberikan pada warga desa, dan warga luar desa yang datang. “Jenangnya kita berikan pada warga,” ungkapnya seraya berharap kegiatan ini bisa dimasukkan dalam Festival Banyuwangi.(radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Baca Juga :