Pasar Tradisional Jadi Tujuan Safari Ramadan

0
275
Bupati Anas melakukan Safari Ramadhan di pasar-pasar.

BANYUWANGI – Sebelum menggelar sahur bersama, Bupati Abdullah Azwar Anas blusukan di Pasar Blambangan kemarin pagi. Bukan sekadar untuk berinteraksi dengan pedagang dan konsumen, melalui kegiatan tersebut Anas juga mengecek kondisi kebersihan pasar dan perkembangan harga-harga kebutuhan pokok.

Anas mengatakan, dirinya sengaja memilih pasar tradisional sebagai lokasi safari Ramadan. Sebab, selain bisa berinteraksi dengan masyarakat, dirinya juga ingin mengecek kondisi pasar-pasar di Banyuwangi.

“Alhamdulillah, meskipun beberapa pasar kita sudah tua, tetapi kebersihannya terjaga,” ujarnya dikonfirmasi usai sahur bersama di Pasar Blambangan dini hari kemarin (1/6). Bukan itu saja, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Anas untuk memantau langsung harga- harga barang kebutuhan masyarakat.

Berdasar keterangan para pedagang dan pembeli, harga bahan kebutuhan pokok pada awal Ramadan tahun ini relatif stabil.  Bahkan, imbuh Anas, beberapa bahan kebutuhan pokok justru turun harga.

Misalnya bawang putih yang sebelumnya sempat menyentuh angka Rp 45 ribu per Kg, saat ini turun Rp 38 ribu per Kg. Begitu pula dengan bawang merah. Harga bawang merah turun Rp 23 ribu per Kg menjadi Rp 18 ribu per Kg.

“Maka, seperti yang kita lihat, pedagang dan pembeli tersenyum. Karena biasanya harga bahan kebutuhan pokok naik saat Ramadan. Namun pada Ramadan tahun ini justru turun,” kata dia.

Lebih lanjut Anas mengatakan, untuk menjaga harga bahan pokok tetap stabil, pemkab bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) gencar melakukan operasi pasar murah di beberapa pasar  di Banyuwangi selama Ramadan.

Loading...

“Kita sedang gencar melakukan operasi pasar. Harapannya, tetap stabil. Kalaupun ada kenaikan, tidak terlampau melambung,” cetusnya. (radar)

loading...