23 % Pemilih Belum Punya Pilihan

0
141

23BANYUWANGI – Hingga bulan Desember 2013 lalu, warga Banyuwangi yang tercatat dalam daftar pemilu tetap (DPT) Pemilu 2014 belum menentukan pilihan 100 persen. Yang sudah menentukan pilihan baru sekitar 67 persen. Sedangkan yang 23 persen belum memutuskan partai politik dan caleg yang akan dipilih. Untuk tingkat nasional, masih ada sekitar 30 persen pemilih yang belum punya pilihan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Untuk lokal Banyuwangi, hanya ada sekitar 23 persen belum punya pilihan,” ungkap Direktur Pusat Studi Demokrasi dan Hak Azasi Manusia (PuSDeHAM), Mohammad Asfar.  Data yang dirilis Asfar itu merupakan hasil survei yang dilakukan PuSDeHAM pada bulan Desember 2013 lalu. Menurut dia, 23 persen pemilih yang belum menentukan pilihan berasal dari pemilih rasional dan pemilih pragmatis.

“Pemilih pragmatisnya cukup besar, sekitar 25 persen,” ungkap dosen Sospol Unair tersebut. Pemilih pragamatis ini, jelas dia, pilihannya ditentukan oleh pemberian materi dari partai politik atau caleg. Partai politik atau caleg yang memberikan kompensasi materi itulah yang akan dipilih. Sedangkan pemilih rasional, beber Asfar, akan menentukan pilihan menjelang detik-detik coblosan.

Pertimbangan utama pemilih rasional ini adalah program partai dan figur caleg. Pemilih rasional akan memilih partai yang memiliki program yang menguntungkan bagi kepentingannya. Begitu juga figur caleg menjadi pertimbangan utama pemilih rasional. Mereka hanya akan memilih caleg yang memiliki program jelas, figur cerdas, dan figur yang tidak bermasalah. (radar)

Loading...