ADD Cair, TPAPD Naik

0
429

BANYUWANGI – Ini kabar gembira bagi perangkat desa se-Banyuwangi. Tahun ini, Bupati Abdullah Azwar Anas menaikkan bantuan  tambahan tunjangan penghasilan perangkat desa (TPAPD). Untuk kepala  desa TPAPD-nya  naik menjadi Rp 1,5 juta dari sebelumnya hanya  Rp 1,150 juta. Sedangkan  sekretaris desa naik menjadi Rp 870 ribu menjadi Rp 1,250 juta.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Begitu juga dengan perangkat desa lainnya naik menjadi  830 ribu dari tahun lalu sebesar Rp  670 ribu. “Kenaikan berkisar antara 160 ribu hingga Rp 350 ribu,’’  ujar Asisten Pemerintah, Abdullah. Kenaikan TPAPD itu, kata Abdullah, untuk meningkatan pelayanan perangkat desa pada masyarakat.  “Pak Bupati minta kinerja aparat desa semakin meningkat dan pelayanan ke pada masyarakat juga semakin baik,”  tandas Abdullah.

Sementara itu anggaran alokasi dana desa (ADD) tahun 2012 sebesar Rp 30,6 miliar sudah siap dicairkan. Pencairan dana itu, kini menunggu kesiapan 189 kepala desa untuk memenuhi semua persyaratan pencairan. Abdullah menjelaskan, untuk bisa mencairkan ADD desa harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Ada 14 item syarat pencairan dana ADD.

Loading...

Dalam 14 item syarat itu antara lain berisi rekapitulasi penggunaan dana ADD dan rencana penggunaan dana ADD, rencana anggaran biaya (RAB) khusus untuk kegiatan fisik, laporan penyelenggaraan pemerintahan desa (LPPD) tahun sebelumnya dan profil desa tahun sebelumnya. “Semua syarat itu harus dipenuhi karena menjadi sumber pertimbangan besaran dana ADD,” jelas mantan Kepala Kesbangpol Banyuwangi itu.

Besarnya alokasi penggunakan dana ADD untuk pemberdayaan masyarakat desa (PMD) mendapat jatah 30 persen dari total ADD yang diterima desa, sedangkan PPD mendapat jatah 30 persen saja. Sedangkan kegiatan PMD digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana fisik desa, biaya operasional kegiatan kamtibmas, perbaikan lingkungan dan pemukiman, penyertaan modal usaha melalui BUM-Des dan penunjang perpustakaan desa.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2