Angin Kencang, Truk Diikat di Geladak

0
227
Petugas mengikat tali lasing pada kedua sisi truk muatan berat di geladak kapal motor penumpang (KMP) Jambo IX saat hendak berlayar dari Pelabuhan LCM, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

KALIPURO – Petugas Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Ketapang lebih ketat mengecek tali sabuk ikatan  (lasing) pada kendaraan muatan berat. Petugas dan anak buah  kapal (ABK) saling berkoordinasi untuk mengunci dan mengikat kendaraan di dalam geladak kapal.

Mengingat cuaca yang rawan angin dan ombak besar standar pengikatan sabuk pada truk besar harus lebih dikencangkan lagi. Pasalnya saat kapal berada  di tengah Selat Bali angin sering   menjadi kendala.

Loading...

Kapal yang sedang beroperasi jika dihantam ombak yang disertai angin akan mengguncang muatan yang ada di dalam kapal.  “Kami selalu berkoordinasi   dengan operator kapal dan selalu mengikat tali lasing agar  tidak ada lagi musibah tergulingnya truk di dalam geladak kapal,” ujar petugas OPP Ketapang, Gatot.

Menurut Gatot, yang menjadi kendala dalam mengikat tali lasing adalah waktu. Sehingga petugas harus bekerja lebih cepat dan teliti saat mengikat  lasing. Waktu standar untuk bongkar muat kapal adalah 15 hingga 20 menit.

“Jadi petugas yang mengikat serta melepas lasing harus lebih cepat agar jadwal keberangkatan kapal tidak molor terlalu  lama,” ucap Gatot. Selain itu para sopir truk juga diberi imbauan agar lebih sabar  menunggu proses pengikatan dan pelepasan tali lasing.

Tidak  ada pengecualian bagi truk yang sudah masuk ke dalam geladak semua diwajibkan untuk diikat  lasing. “Iya bagaimana lagi supaya aman ikut saja apa yang diperintahkan petugas. Yang  penting aman dan truk tidak terguling,” ungkap Warto, 50,  Sopir asal Mojokerto.

Petugas dari OPP Ketapang  yang ada di pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) Ketapang, tidak segan untuk menegur sejumlah operator Kapal Motor Penumpang (KMP) yang membandel. Demi keselamatan bersama tali lasing harus diikat  sesuai standar agar tidak terjadi   musibah yang tidak diinginkan.

“Kami memantau langsung kegiatan bongkar muat yang ada di pelabuhan,” ujar Kepala Seksi Operasi Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Ketapang, Jujur Panjaitan. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :