Banyak Ikan, Jadi Jujugan Para Pemancing

0
424

SONGGON – Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, mempunyai banyak potensi wisata yang perlu digali. Hanya saja, banyak orang yang belum mengetahui kekayaan potensi wisata tersebut. Padahal, bila ada sentuhan, niscaya bisa mengangkat ekonomi warga sekitar.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sejauh ini, Desa Sumber Arum yang kini dipimpin Kepala Desa (Kades) Supriyono itu dikenal dengan air terjun lider. Ternyata, air terjun yang terletak di lereng Gu- nung Raung tersebut bukan satu-satunya. Sebab, ada dua air terjun lain yang dikenal dengan air terjun sempol.

Malahan, akses menuju ke dua air terjun tersebut lebih dekat bila dibandingkan dengan air terjun lider. Sebab, menilik lokasi, dua air terjun tersebut berada di Dusun Sumber Asih, (dusun yang lokasinya paling utara). Pesona alam duo air terjun itu tidak kalah cantik dengan air terjun lider.

Walaupun, secara kasat mata perbandingannya sangat mencolok. Sebab, ketinggian dua air terjun di kawasan sungai Badeng tersebut hanya beberapa meter saja. Untuk menuju ke lokasi tersebut bisa ditempuh dari dua jalur. Pertama, bisa melalui arah Desa/Kecamatan Songgon.

Yang kedua, bisa melalui jalur Desa Gendoh, Kecamatan Sempu. Tapi, tetap akan melewati Desa Sragi, Kecamatan Songgon. Sebab, di hanya desa itu satu-satunya bisa sampai ke dua air terjun. Dari arah Desa Sragi, hanya berjarak empat kilometer wisatawan bisa sampai ke lokasi yang dituju.

Meski begitu, kendaraan baik roda empat maupun roda dua harus di parkir di kawasan rumah penduduk. Sebab, jalur yang akan dilalui adalah pematang sawah. Para pengunjung bisa memilih lokasi favorit. Dari ketinggian yang hanya dua meter, juga ada yang ketinggian empat meter. Dua lokasi tersebut sama-sama memiliki daya tarik sendiri.

Selain itu,kedua air terjun tersebut juga dikenal dengan hawa dingin. Dengan melalui pematang sawah, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Cuaca yang dingin menambah sensasi untuk menikmati tempat rekreasi tersebut. Apalagi, tidak ada biaya untuk sampai menuju lokasi tersebut.

Sejauh ini, hanya warga yang tinggal di desa tersebut yang mengetahui seluk-beluk air terjun. Kalangan muda-mudi juga sering ngelencer ke lokasi tersebut. Pecinta mancing mania juga sering menjajaki lokasi tersebut. Sebab, kawasan air terjun terjun tersebut dikenal dengan ikan sengkaring.

’’Banyak ikan besar- besar di sana. Saya dengan teman-teman biasa mancing di sana,’’ ujar Satak, warga Dusun Sragi Tengah, Desa Sragi, Kecamatan Songgon. Untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan usaha keras. Sebab, lagi-lagi masalah jalan yang seharusnya mendapatkan perhatian. Setidaknya, akses jalan di desa itu diperbaiki. ’’Cuma jalannya yang rusak, kalau sudah lewat sawah-sawah dengan jalan kaki, tambah seru,’’ jelasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :