Bisnis Kelapa Beromzet Jutaan

0
5096

DADAPAN – Selain dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Timur (Jatim), Ba- nyuwangi juga kaya berbagai hasil pertanian yang lain. Salah satunya adalah buah kelapa. Maka tidak heran, sebagian buah kelapa hasil panen petani Bumi Blambangan dikirim ke beberapa kota lain lantaran pasar lokal tidak mampu menyerap seluruh stok yang ada.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nah, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, merupakan satu di antara beberapa desa yang wilayahnya banyak ditumbuhi pohon kelapa. Potensi itu disadari betul oleh beberapa warga setempat. Mereka lantas memutuskan menggeluti bis- nis jual beli buah yang dihasilkan oleh tumbuhan dari jenis aren-arenan tersebut. Seperti dilakoni Hj. Nur, 55, warga Dusun Krajan, Desa Dadapan.

Setiap pekan, rata- rata dia memasarkan 25 ribu butir kelapa ke wilayah Jom- bang, Nganjuk, dan Madiun. Buah yang biasa dimanfaatkan untuk santan ini dia hargai Rp 2.000 per butir. Jika dikalku- lasi, omzet yang dia raih per bulan mencapai Rp 50 juta. Padahal, Nur mendapat pasokan dari para penebas “hanya” dengan harga Rp 1.500 per butir. Itu berarti, dari setiap butir kelapa, dia mendapat keun- tungan kotor sebesar Rp 500 per butir.

“Keuntungannya memang lumayan,” ujarnya. Dijelaskan, sebelum dikirim ke luar daerah, buah kelapa tersebut lebih dulu dikupas hingga menyisakan batok dan sedikit serabut. Untuk itu dia mempekerjakan beberapa tetangga. “Jadi, untuk menghitung keuntungan bersih yang saya dapat, keuntungan kotor sebesar Rp 500 per butir tersebut dikurangi biaya kupas dan ongkos transportasi,” jelasnya.

Tidak hanya dilakoni Nur, salah satu warga Desa Dadapan, yakni Julaini, 60, juga me- ngeluti bisnis serupa. Menurutnya, selain mendapat pasokan dari seantero Desa Dadapan, dia juga mendapat pasokan dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Kabat. “Buah kelapa itu saya pasarkan ke Surabaya dan beberapa kota lain di Jatim,” cetusnya.(radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :