Beranda Sosial Delapan Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi Rawan Banjir

Delapan Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi Rawan Banjir

0
1135

delapan-kecamatan-di-kabupaten-banyuwangi-rawan-banjir


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Musim hujan mulai terjadi di bulan Oktober mendatang. Diprediksi, hujan yang terjadi berada pada intensitas cukup tinggi, sehingga bisa menimbulkan angin kencang, banjir, dan tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Banyuwangi mengidentifikasi ada delapan kecamatan yang harus waspada akan datangnya musim hujan, karena daerah  tersebut rawan banjir.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi,  Eka Muharam Suryadi, mengatakan delapan kecamatan yang sering menjadi langganan banjir saat musim hujan adalah Kecamatan Banyuwangi, Wongsorejo, Kalipuro, Kabat, Rogojampi, Siliragung, Pesanggaran, dan Muncar.

Dari delapan kecamatan itu, Muncar, Pesanggaran, dan Banyuwangi, memiliki risiko cukup tinggi terjadi banjir. ”Dari delapan kecamatan ada sekitar 23 desa yang harus diwaspadai,” tegas Eka. Wilayah Muncar mendapat perhatian khusus lantaran berada di dataran yang sangat rendah.

Dekatnya daerah dengan laut juga  menjadi pemicu mengapa di  Muncar sering terjadi banjir. Selain itu, di wilayah Muncar juga banyak sungai besar yang melintas di kecamatan tersebut. ”Desa Kedungringin, Kedungrejo, Tapanrejo, Tembokrejo, dan Wringin putih, itu rawan karena daerah  itu sangat dekat dengan laut. Potensi air laut pasang juga membuat  air lebih cepat masuk ke permukiman warga,” tandasnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!