Gempa 6,4 SR Guncang Banyuwangi

0
1099

BANYUWANGI – Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) menggoyang wilayah Banyuwangi dan sekitarnya, kemarin. Gempa yang terjadi pukul 06.10 itu sempat  membuat panik warga. Ketika gempa terjadi, tak sedikit dari  warga semburat keluar dari dalam  rumah.

Selain kekuatannya cukup dahsyat, durasai gempa juga cukup lama. Beruntung, akibat gempa ini tidak  sampai menimbulkan kerusakan dan korban jiwa. Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyebutkan, gempa  yang mengguncang wilayah Banyuwangi tersebut berpusat di perairan selatan Pulau Bali, tepatnya pada titik koordinat 8.88 LS–115.24 BT.

Gempa itu tercatat berkekuatan 6,4 SR. Meski berpusat  di laut dengan keda laman 117 Km, namun dipastikan gempa itu  tidak menimbulkan tsunami.  Prakirawan BMKG Banyuwangi,  I Gede Agus Purbawa mengatakan, dari hasil analisis yang dilakukan,  gempa bumi yang terjadi ini  disebabkan akibat aktivitas lempeng Indo Australia. Diketahui, lempeng tersebut bergerak menjorok ke dalam menuju lempeng Eurasia dengan laju 70 mm/tahun.

”Gempa ini terasa  di Denpasar, Kuta, Badung, Gianyar, Negara, Singaraja, Klungkung, Karangasem, Nusa Dua hingga Banyuwangi,’’ ungkap Gede. Meski begitu, dengan adanya  gempa ini tidak sampai menimbulkan kerusakan yang berarti.  Hanya saja, karena gempa ini membuat warga panik dan banyak  juga warga yang berhamburan  keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Cegah Penyebaran Covid-19, PT KAI Daop 9 Kurangi Rute Banyuwangi