Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Depan Kantor Pos Dilarang Belok Kiri

Dishub Evaluasi Perubahan Arus

BANYUWANGI – Uji coba perubahan arus lalu lintas Jalan PB. Sudirman mulai di evaluasi. Hasil evaluasi, ada beberapa ruas jalan yang mengalami perubahan setting. Evaluasi yang dilakukan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) difokuskan di dua titik yang rawan kemacetan dan kecelakaan. Dua titik tersebut ada lah persimpangan Gedung Juang dan simpang Surati di Jalan Sayuwiwit. Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Nur Agus Suharto melalui Kabid Perhubungan Darat Hendra Les mana mengatakan, demi mengatasi trouble di dua titik ter sebut, arus kendaraan harus di ubah.

Arus kendaraan dari Simpang Lima yang melewati Jalan dr. Soetomo saat ini lang sung dilewatkan Jalan dr. Wa hidin Sudirohusodo. Sebelumnya, kendaraan yang dari arah Jalan dr. Soetomo (depan kantor Telkom) boleh melewati Jalan Diponegoro atau depan Gesibu. Saat ini, Jalan Diponegoro di depan Gesibu hanya boleh dilewati kendaraan dari arah Jalan Susuit Tuban dan Jalan Vetaran “Kendaraan dari arah Jalan dr. Soetomo tidak boleh belok kiri lagi dan harus langsung ke Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo,” jelas Hendra.

Perubahan arus kendaraan itu karena kekacauan lalu lintas di persimpangan Gedung Juang sering terjadi. Kendaraan yang datang dari arah selatan se ring bersenggolan dengan kendaraan yang datang dari arah Jalan Susuit Tubun. Dengan pe rubahan itu, kata Hendra, maka titik rawan kedua (Simpang Surati) bisa terurai. Sebab, kendaraan yang datang dari arah Perliman tidak lagi me lewati Jalan Diponegoro me lainkan melewati Jalan Ban terang. “Perubahan rute ini bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi di Simpang Surati,” tegasnya.

Secara umum, kata Hendra, uji coba perubahan arus Jalan PB. Sudirman itu cukup berhasil karena sejak diujicobakan 3 April 2013 tidak ada kecelakaan. “Setelah perubahan arus, tidak ada laporan kecelakaan dari ke polisian. Arus lalu-lintas terpantau lancar,” katanya. Forum LLAJ akan terus mela kukan evaluasi terhadap perubahan arus kendaraan di Jalan PB. Sudirman. Forum LLAJ terdiri atas Dishubkominfo, PU Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang, Organda, Satpol PP, LSM, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, dan TNI/Polri. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE