Diserang Hama, Cabai Memutih dan Melompong

0
339


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GAMBIRAN – Para petani cabai, tampaknya banyak yang kelimpungan. Tanaman cabai yang sudah siap panen, mendadak rusak dengan memutih dan kempes. Akibatnya, hasil panen menurun hingga 10 persen. Belum diketahui pasti penyebab rusaknya  tanaman cabai itu.

Loading...

Tapi anehnya, cabai yang  siap dipanen itu warnanya jadi pudar dan rusak  dari dalam. “Lagi ada serangan hama, tapi hama  apa kita belum tahu,” cetus Edi Utomo, 27, salah  satu petani cabai asal Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran.

Edi mengaku belum tahu cara membasmi hama yang menyerang tanaman cabai miliknya. Sebab, ini jenis penyakit baru dan terlihat mencolok sejak musim tanam sekarang. “Ini penyakit baru, perlu dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Serangan hama pada tanaman cabai itu, terang dia, dianggap cukup  merugikan karena berpengaruh terhadap hasil petik. Dicontohkan, di lahan miliknya dengan luas satu  hektare lebih yang biasanya mendapat  40 karung, dengan serangan hama ini yang terbuang bisa lima karung  lebih.

“Yang rusak bisa 2,5 kuintal, atau sekitar lima karung besar,” jelasnya. Untuk mengatasi serangan ini, terang  dia, satu-satunya cara hanya menunggu  produsen obat pertanian, termasuk mengetahui jenis penyakitnya. “Biasanya nanti  ada obatnya, Cuma sekarang belum ada,”  jelasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :