Dulu Ngeri TBC, Kini Waspada Stroke

0
372
lustrasi

Penyebab Kematian Mengalami Pergeseran


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Membaiknya kondisi perekonomian, ternyata berimbas pada gaya hidup masyarakat. Bila zaman dahulu masyarakat dihantui dengan ragam penyakit menular, kini bahaya ancaman penyakit mulai mengalami perubahan.

Sebelumnya, di awal tahun 1990-an, penyebab kematian dan penyakit terbesar disebabkan oleh penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (lSPA), Tuberkulosis (TBC), dan diare. Namun sejak era millennium, penyakit tidak menulair menjadi ancaman.

Penyakit seperti stroke, jantung, dan kencing manis (diabetes) menjadi seolah menjadi pembunuh yang cukup ampuh manusia. Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan.

Dibutuhkan sumber daya untuk mengobati penyakit tidak menular ini. Selain biaya, butuh waktu lama untuk proses pemulihan dari efek serangan penyakit tersebut. “Maka dibutuhkan gerakan masal masyarakat untuk hidup sehat,” beber Setyo Nugroho, dari Kementerian Kesehatan RI kemarin.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang disingkat Germas merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membudayakan pola hidup sehat. Gerakan ini dilaksanakan secara sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan program ini di mulai dari keluarga. Ini disebabkan keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

“Gerakan masyarakat meliputi aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban,” bebernya.

Gerakan ini diharapkan dapat membangkitkan rasa tanggung jawab masyarakat. Setidaknya sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.(radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).. KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
07/11/2018
JAKARTA

Baca Juga :