Festival Layangan Sukses Pancing Turis Masuk BWI

  • Bagikan

Rombongan-turis-mancanegara-turut-main-layang-layang

DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi sukses menggelar Kite Festival (Festival layang-layang). Even yang masuk Banyuwangi Festival 2016 ini digeber sejak hari Sabtu dan Minggu (7/8) di Pantai Boom.

Sebagai tanda dimulainya festival  layang-layang ini, Bupati Abdullah Azwar Anas menerbangkan layang-layang berbentuk penyu.

“Permainan layang-layang sudah menjadi tradisi masyarakat Banyuwangi. Permainan ini unik dan tidak semua orang bisa bermain karena membutuhkan keahlian khusus seperti tahu arah angin dan bagaimana trik menarik  layang-layang agar bisa terbang,” kata Bupati  Anas, saat membuka Kite Festival, di Pantai Boom, Sabtu (6/8).

Plt Kepala Dispora Wawan Yadmadi mengatakan Festival layang layang ini diikuti 238 peserta. Festival   ini melombakan beberapa nomor seperti layang-layang hias, bandetan dan suwangan. Dengan tema “Segoro Banyuwangi’, layang-layang yang beterbangan di langit pun didominasi aneka bentuk ikan, penyu dan kapal layar.

Keseruan juga bertambah dengan adanya lomba bandetan. Dimana layang-layang saling beradu kekuatan siapa yang mampu bertahan dari gesekan benang lawan. Festival ini tidak hanya menarik perhatian warga warga Banyuwangi saja, namun warga negara asing juga tertarik menyaksikan festival layang-layang  ini.

Wawan mengatakan permainan layang-layang di festival ini pun  berlangsung seru. “Permainan ini bukan sekadar aktivitas bersenang-senang saja, ada filosofi di dalamnya. Saat bermain layang-layang kita melakukan tarik ulur benang untuk menjaga layang-layang terbang dengan baik seperti  yang kita temukan di kehidupan sehari-hari.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti festival ini  sangat besar, tahun depan kita juga akan mengajak beberapa daerah untuk berpartisipasi memeriahkan  festival ini,” tambah Wawan. (radar)

Baca :
Bayi Laki-laki Baru Lahir Ditemukan di Gubuk Pinggir Sawah Banyuwangi
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: