Jaranan Buto Bergembira Bersama WNI di Malaysia

0
588

jaranan-buto-sekar-wangi-besutan-ikawangi-malaysia-tampil-pada-acara-pesta-rakyat-di-kuala-lumpur-minggu


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESTA Rakyat rutin digelar setiap tahun sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI di Malaysia. Ajang tersebut juga dimaksudkan  sebagai ajang silaturahmi antara KBRI Kuala Lumpur dengan masyarakat   Indonesia.

“Juga untuk memfasilitasi kegembiraan WNI setelah sekian lama bekerja keras di Malaysia,” ujar Atase Penerangan Sosial dan Budaya  KBRI Kuala Lumpur, Trigustono Supriyanto.  Pesta Rakyat kali ini diawali dengan kegiatan olahraga bersama yang dikomandani oleh Pengurus Dharma  Wanita Persatuan KBRI Kuala Lumpur.

Bukan itu saja, acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan artis-artis dari Indonesia seperti Erni Johan, Obiet, Narendra KDI, Selvi Aprilia, Norman Divo, Nona Ayu,  Siti Badriah. Sementara itu, grup kesenian Jaranan Buto Banyuwangi “Sekar Wangi” Ikawangi Malaysia juga didaulat  memberikan persembahan di acara  tersebut.

Kali ini, enam penari jaranan plus para penabuh alat musik perform menyuguhkan sajian spektakuler bagi para penonton. Salah satu penari grup Jaranan Buto Sekar Wangi, Iwan Bambang Susilo, mengatakan suatu kebanggaan dapat menampilkan kesenian Banyuwangi di hadapan ribuan warga negara Indonesia (WNI) yang hadir di acara pesta rakyat tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan  oleh Sundari yang merasa cukup puas  dengan penampilannya. “Walaupun harus menempuh perjalanan dua jam  ke tempat acara, tapi terobati setelah tampil di depan ribuan penonton,”  kata dia. Sekadar diketahui, grup kesenian Jaranan Buto Sekar Wangi, kerap  kali tampil di even akbar di Malaysia.

Bahkan, kesenian tradisional Bumi Blambangan tersebut beberapa kali  dipercaya tampil pada kegiatan yang digeber di lingkungan universitas, hotel berbintang, maupun pada acara  hajatan warga lokal Malaysia. Bahkan, belum lama ini Jaranan Buto Sekar Wangi juga tampil di even  Indonesia Street Bukit Bintang 2016   yang digelar Kementerian Pariwisata  (Kemenpar) RI.

“Kemajuan ini semua  tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari Dewan Kesenian Blambangan DKB. Bahkan, belum lama ini  Ketua DKB, Samsudin Adlawi, pernah  berkunjung di sanggar kesenian Jaranan Buto Sekar Wangi yang berada  di wilayah Klang, Selangor Malaysia,” ujar tokoh Ikawangi Malaysia, Irzal Maryanto. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :