Kawah Ijen akan Ditutup Sementara

0
1810

BANYUWANGI – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, berencana akan menutup kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA) kawah Ijen Banyuwangi. Penutupannya sendiri akan berlangsung selama 3 hari.

Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur Sumpena mengatakan penutupan Kawah Gunung Ijen dilakukan untuk pembangunan tanggul penahan di jalur pendakian menuju Gunung Ijen. Ini dilakukan untuk kelancaran aktivitas wisatawan yang akan mengunjungi Ijen.

“Ini sebagai fasilitas penunjang yang kami sediakan untuk wisatawan yang mengunjungi Ijen,” ujarnya, Selasa (30/10/2018).

Penutupan Kawah Gunung Ijen akan dilakukan selama tiga hari mulai dari tanggal 21 hingga 23 November 2018 mendatang. Penutupan dilakukan untuk pemeliharaan jalan pendakian Ijen mengingat kondisi alam menjelang musim hujan yang bisa mengakibatkan longsor.

Perbaikan jalur ini dikarenakan adanya longsor kecil yang sering terjadi di jalur pendakian Ijen saat hujan. Meski longsoran tanah dalam kategori kecil namun cukup berbahaya.

Sebab, longsoran tanah tersebut berada di jalur utama pendakian. Selain itu, longsoran tanah tersebut tersebar hampir di sepanjang pendakian.

“Itu kecil-kecil kalau hujan mudah longsor. Sudah lama juga itu cuman saat ini kan kita beri pagar pengaman dari kayu di beberapa titik antara HM 22 sampai HM 25. Cuman yang perlu dikasih pagar pengaman dikasih pagar pengaman,” kata Sumpena.

Sumpena menambahkan, pengumuman penutupan ini sengaja dilakukan lebih awal, agar wisatawan bisa menjadwalkan kunjungan ke Kawah Ijen jauh-jauh hari. Dirinya berharap pemeliharaan jalur tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Mudah-mudahan cepat selesai dan pendakian di Ijen aman,” pungkasnya.