Kebun Kelapa Concrong Kobong

  • Bagikan

ROGOJAMPI – Ketenangan warga Kampung Concrong, Dusun Rogojampi Utara, Desa/Kecamatan Rogojampi, sempat terganggu kemarin (30/9). Kebun kelapa dekat perkampungan penduduk terbakar. Tidak ada yang tahu persis penyebab terbakarnya ilalang kering di kebun kelapa milik warga Kabupaten Bondowoso itu.

“Kebun kelapanya memang tidak terawat, banyak di tumbuhi ilalang hingga mengering,” cetus Irfan Hidayat, 42, warga setempat, kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi. Irfan mengaku melihat api yang cukup besar di kebun kelapa itu saat melintas. Dilihat ada asap yang membumbung tinggi.

Karena penasaran, dia mendekati sumber asap tersebut. “Saya lihat api sudah membesar,” katanya. Agar tidak merembet ke perumahan penduduk, warga diajak gotong royong memadamkan api dengan alat seadanya, seperti meng gunakan pelepah pisang dan menyiramkan air dengan ember.

“Lokasi kebakaran dekat gardu listrik, jadi membahayakan,” ujarnya. Satu jam kemudian, jelas dia, mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Banyuwangi tiba di lokasi. Merekapun ramai-ramai memadamkan api yang terus melebar dan membesar itu. “Damkar lama datang, ka rena memang jauh,” cetusnya.

Kapolsek Rogojampi Kompol Toha Choiri saat dikonfirmasi mengatakan tidak ada korban jiwa dan kerugian materi atas kebakaran itu. Lokasi yang terbakar hanya ila lang kering dengan luas sekitar 100 meter persegi. “Masih aman dan api berhasil dipadamkan,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler kemarin (30/9).

Mengenai penyebab kebakaran, kapolsek menduga akibat masyarakat yang membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi, lokasi ter bakarnya ilalang itu tidak jauh dari tepi jalan raya. “Saya minta ma syarakat tidak sembarangan mem buang puntung rokok,” katanya. (radar)

Baca :
Orang Tua Lengah, Bocah 2,5 Tahun Nyaris Tewas di Akbar Zoo
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: