Lima Desa Kekurangan Air Bersih

0
620

TEGALDLIMO – Lima desa di wilayah Kecamatan  Tegaldlimo, Banyuwangi, kini kekurangan air bersih. Sejumlah tandon air yang pernah dipasang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi sejak empat bulan terakhir tidak ada kiriman lagi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Untuk kebutuhan konsumsi, warga di lima desa itu terpaksa menggunakan air sumur  yang terasa asin atau harus membeli. “Hasil peme taan, ada lima desa yang kekurangan air bersih,” cetus Camat Tegaldlimo, Ahmad Laini, kemarin (31/7).

Kelima desa yang kini membutuhkan air bersih itu, terang dia, adalah Desa Kalipait, Kendalrejo, Purwoagung, Kedunggebang, dan Desa Ringin  Pitu. “Kelima desa itu memang sering kekeringan saat musim kemarau,” katanya.

Menurut Camat Laini, di wilayah Kecamatan Tegaldlimo itu ada sembilan desa. Pada tahun anggaran 2013 lalu BPBD Banyuwangi pernah memberikan bantuan berupa tandon air bersih di empat desa terdampak kekurangan air bersih. “Saya belum tahu kalau sudah tidak dikirimi air oleh BPBD.

Kami akan koordinasi lagi,” ujarnya. Dari limadesayangkekuranganairbersihitu, paling parah adalah Desa Kalipait. Sejumlah tandon air bantuan BPBD tahun anggaran 2013 itu kini mangkrak karena tidak pernah diisi air bersih. “Sekitar empat bulanan  (tandon) tidak diisi air lagi,” cetus Komariyah, salah  seorang warga Dusun Purworejo, Desa Kalipait.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last