Marak Penangkaran Burung Jalak Kebo

0
3313

suratman-merawat-jalak-kebo-di-dusun-simbar-desa-karangari-kecamatan-sempu-banyuwangi-kemarin

SEMPU – Beternak burung berkicau mulai marak dilakukan warga di Banyuwangi Selatan. Burung yang ditangkarkan itu termasuk jenis jalak kebo yang banyak ditemukan di persawahan. Burung jenis itu terancam punah karena sering diburu.

Salah seorang peternak burung, Suratman, 62,  warga Dusun Simbar, Desa Karangari, Kecamatan  Sempu, mengaku populasi burung jalak di persawahan sudah mulai jarang ditemukan. Oleh karenanya, untuk menyelamatkan populasi burung  itu, dia menangkarkan jalak kerbo yang punya nama latin Acridotheres javanicus itu sejak sepuluh tahun lalu.

Loading...

Berbeda dengan jalak Bali yang endemik di Pulau Dewata, jalak kebo hitam itu terdapat di beberapa  pulau di Indonesia. Burung itu bisa ditemui di  Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan di beberapa  daerah lain di Indonesia. Bahkan, jalak kebo banyak  berseliweran di Singapura dan Malaysia.

Jalak kebo termasuk burung yang berkicau dengan  memiliki suara yang khas dan pintar menirukan  suara yang berada di sekelilingnya. Selain itu, terang dia, burung ini juga dikenal mampu  menirukan suara manusia, atau bisa berbicara layaknya burung beo. Hanya, dalam mengucapkan kata-kata tidak sefasih dan sebersih burung beo.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Keliling Kota Banyuwangi, Satpol PP Gunakan Damkar Semprotkan Desinfektan