Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Masjid ‘Kakbah’ Ramai Dikunjungi Warga

DESTINASI RELIGI: Pengunjung mengambil gambar di depan Masjid Darussalam Puncak, Blokagung, Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Senin (3/1). (Agus Baihaqi/RadarBanyuwangi.id)

Masjid yang berada di kompleks Pondok Pesantren Darussalam Puncak Blokagung, Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, itu cukup nyleneh. Bangunannya, menyerupai Kakbah di Masjidil Haram, Makah, Arab Saudi.       

Di masjid Kakbah itu, juga ada pintu, hajar aswad, makam Ibrahim, mizab atau talang emas, dan hijir Ismail. Lantainya, juga marmer putih mirip di Masjidil Haram, Makah.

“Kita memang terinspirasi Kakbah di Makah,” cetus Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Puncak, Blokagung, KH. Abdul Malik Syafaat.

Masjid Kakbah ini, lokasinya persis berada di tengah kompleks pondok pesantren dengan luas lahan 3,5 hektare. Di sekitar masjid itu, ada aula dan asrama santi. Yang menarik, masjid ini berada di puncak dengan pemandangan pegunungan dan alam pedesaan. “Hampir setiap hari, warga ada yang datang,” terangnya.

Para pengunjung itu, terang dia, ada yang datang dengan keluarga, komunitas, dan sekolah. Biasanya, mereka itu hanya untuk foto-foto.

“Kalau rombongan dari sekolah, datang untuk mengenalkan Kakbah pada siswanya,” cetus pria yang biasa disapa Gus Malik itu.

Sumber : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/berita-daerah/genteng/05/01/2022/masjid-kakbah-ramai-dikunjungi-warga

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE