Milik Bandara Punya Spesifikasi Khusus

0
356
RUTIN: Petugas mengecek selang di atas mobil induk damkar.
RUTIN: Petugas mengecek selang di atas mobil induk damkar.

SELAIN Pemkab Banyuwangi, ada beberapa instansi yang memiliki sarana pemadam kebakaran (damkar), salah satunya adalah PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Tanjung Wangi dan Bandar Udara (Bandara) Blimbingsari. Selama ini, kebakaran yang terjadi di Banyuwangi sering mendapat bantuan dari unit damkar milik Pelindo Tanjung Wangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Sementara itu, mobil unit damkar milik Bandara, sejak di beli dua tahun lalu, belum pernah digunakan untuk memadamkan si jago merah. Damkar milik Bandara Blimbingsari memang didesain khusus untuk mengatasi kebakaran di bandara. Damkar milik bandara itu dibeli seharga Rp 1,2 miliar oleh Kementerian Perhubungan RI. Standar pengoperasian damkar milik bandara itu berbeda dengan damkar milik pemkab.

Selain memiliki petugas khusus, damkar bandara memiliki standar operasional prosedur (SOP) khusus. Hanya petugas yang sudah memahami SOP yang bisa mengoperasikan kendaraan tersebut. “Petugasnya juga harus memiliki sertifikat. Yang tidak memiliki sertifikat nggak boleh mengoperasikannya,” ujar Kabid Perhubungan Udara dan Laut pada Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi. (radar)