Musim Paceklik Ikan Masih Berlanjut

0
322


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR – Paceklik yang menimpa para nelayan di pesisir Pantai Muncar, hingga kini masih berlangsung. Perahu dan kapal milik para nelayan terlihat masih bersandar  di sekitar pelabuhan. Karena tidak bekerja, kini nelayan menjadi  pengangguran.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Genteng suasana di Pelabuhan Muncar tidak seramai pada akhir  Februari lalu. Saat itu terlihat masih  banyak memaksakan diri mencari ikan. Tapi kali ini, hanya ada satu  atau dua nelayan yang tetap nekat mencari ikan.

Loading...

Amrul, 42, salah satu nelayan asal Desa Tembokrejo, Kecamatan  Muncar mengaku sudah beberapa hari ini tidak melaut. Dia datang  ke pelabuhan hanya untuk mengecek kondisi kapal milik juragannya. “Seminggu yang lalu sempat  melaut, tapi hasilnya tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan,  dapat tapi sedikit,” katanya.

Jarak pencarian ikan yang mencapai empat mil, terang dia, membuat modal yang dikeluarkan untuk operasional kapal cukup besar. Sedang hasil tangkapan, tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan itu. “Kadang ikut mancing sama perahu-perahu kecil dan dapatnya tidak banyak. Cukup  untuk dimakan saja,” ujarnya seraya mengaku belum tahu kapan akan melaut lagi,” ujarnya.

Tokoh nelayan Muncar yang juga koordinator Pokmas Rani, Tukimin,  meminta Pemkab Banyuwangi untuk memperhatikan nasib para  nelayan ini. Apa yang menimpa  para nelayan ini, bentuk bencana yang berkepanjangan. “Kalau di  daratan itu yang terjadi di Muncar  kemarau berkepanjangan, jadi para nelayan Muncar perlu mendapat bantuan, petani yang tidak  bisa bekerja di bantu, kenapa nelayan tidak,” cetusnya.

Tukimin meminta pemerintah segera turun langsung ke Muncar  untuk melihat keadaan yang sebenarnya. “Mau itu dari dinas sosial, dinas kelautan, atau dari  mana kami harap turun untuk menyaksikan bagaimana musim paceklik yang terjadi di Muncar,”  katanya. (radar)

Loading...

Baca Juga :