Musim Panen, Harga Buah Naga Anjlok di Banyuwangi

0
3592
Ilustrasi panen bua naga

PURWOHARJO – Para petani yang menanam buah naga kini mulai panen. Hanya saja, mereka kurang bisa senyum lepas karena harganya anjlok. Buah naga itu, kini banyak dikirim keluar kota.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu petani buah naga, Widodo, 47, asal Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Purwoharjo, mengatakan buah naga miliknya yang baru dipanen dijual ke beberapa kota seperti Surabaya, Bali, dan Jakarta. “Kita jual ke luar kota,” katanya.

Widodo mengaku menanam buah naga di lahan seperempat hektare atau 230 pohon. Tanamannya itu, kini telah berumur 1,5 tahun. “Ini sudah petik yang kali ketiga,” ujarnya pada Jawa Pos Radar Genteng kemarin (25/9).

Loading...

Menurut Widodo, harga buah naga saat ini sedang anjlok, yakni hanya Rp 7.000 perkilogram. Padahal saat petik pertama, buah naga miliknya pernah tembus Rp 20 ribu per kilogram. ”Pernah terjual dengan harga Rp 34 ribu per kilogram,” katanya.

“Setiap satu tiang panjatan, terang dia, itu terrdiri empat pohon buah naga. Dan itu, sekali panen bisa mencapai 30 kilogram. Dengan hasil panen itu, dalam sebulan bisa menghasilkan Rp 5 juta. “Sebulan itu biasanya bisa bisa petik dua kali,” ungkapnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Jelang Natal & Tahun Baru 2020, PT KAI Daop 9 Pantau Titik-Titik Rawan