Nelayan Muncar Panen Tongkol

0
833

MUNCAR-Para nelayan dan pedagang ikan di TPI Brak Kalimoro, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, sepekan terakhir ini semringah. Sebab, ikan hasil tangkapan, terutama jenis tongkol dan cumi-cumi lumayan tinggi.  Yang membuat para nelayan  itu tersenyum, saat ini harga  tongkol dan cumi-cumi sedang naik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Tangkapan banyak tongkol dan cumi-cumi  dengan ukuran kecil hingga besar,” cetus Samidin, 48, salah seorang nelayan Muncar.  Untuk cumi-cumi berukuran besar, terang dia, itu biasanya didapat dengan cara memancing. Sedang cumi-cumi yang ukuran kecil, diperoleh melalui jaring.

“Sekali kerja hasilnya  cukup lumayan,” katanya.  Samidin menyebut sekali  berlayar bisa membawa pulang ikan tongkol hingga lima kuintal dan cumi-cumi antara  dua hingga empat kuintal. “Tongkol itu bisa dipancing  dan dijaring,” ujarnya.

Untuk harga, Samidin mengungkapkan kalau ikan tongkol itu harganya pada kisaran Rp 15 ribu per kilogram. Sementara untuk cumi-cumi jenis sotong, harganya Rp 40 ribu per kilogram. Tapi kalau cumi-cumi manis, harganya Rp 35  ribu per kilogramnya.

Loading...

Jika satu perahu sekali berlayar  itu bisa mendapatkan tiga  kuintal ikan, maka pendapatan mereka bisa mencapai Rp 10 juta. “Hasilnya ya lumayan,  tapi itu kan dibagi beberapa orang,” terangnya. Musim panen tangkapan tongkol juga banyak membawa berkah bagi para pedagang  yang berada di pelelangan ikan Muncar.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2