Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Hukum  

Panen Motor Ban Kecil

panenBANYUWANGI – Aparat Satuan Lalu-Lintas (Sat lantas) Polres Banyuwangi tengah gencar melakukan upaya meminimalkan kecelakaan lalu-lintas (laka lantas) di Bumi Blambangan. Sepekan terakhir, petugas intens menggelar razia kendaraan protolan dan pengendara yang melanggar markah jalan. Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, sedikitnya 15 sepeda motor diamankan di Pos Lalu-lintas Karangente, Banyuwangi, kemarin (22/1).

Penyebabnya, kendaraan roda dua tersebut menggunakan onderdil tidak standar. Ada yang menggunakan knalpot brong, ada juga yang menggunakan ban berukuran kecil. Ada pula sepeda motor yang . tidak dilengkapi pelat nomor Dikonfirmasi saat menggelar razia di depan Pos Polisi Karangente kemarin (22/1), Kepala Unit (Kanit) BM Satlantas Polres Banyuwangi, Aiptu Ketut Ariana mengatakan, pihaknya akan menindak pengendara yang melanggar markah jalan Kendaraan-kendaraan yang diamankan di pos ini hasil razia selama sepekan. Razia kita lakukan untuk meminimalkan laka lantas,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Lantas Polres Banyuwangi, AKP Irawan Wicaksono mengungkapkan, pemilik kendaraan yang onderdil kendaraannya ti dak standar bisa mengambil kendaraan miliknya itu de ngan syarat seluruh onderdil kendaraan yang tidak standar di ganti onderdil standar. “Kendaraan yang menggunakan ban kecil, knalpot blong, dan lain sebagainya, sangat mengganggu pengguna jalan. Tidak hanya itu, kendaraan-kendaraan tersebut juga berpotensi menimbulkan laka lantas,” paparnya.

Kasat Lantas Irawan menambahkan, razia kendaraan yang menggunakan onderdil tidak standar itu digelar dalam rangka mengurangi tingkat laka lantas, khususnya di wilayah B nyuwangi. “Harapan kita, masyarakat semakin tertib berlalu-lintas, sehingga jumlah laka lantas dapat ditekan. Se bab, sebagian besar laka lantas berawal dari pelanggaran lalu-lintas,” jelasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE