Pasar Banyuwangi Akan Direnovasi

0
179

BANYUWANGI- Pemkab berencana membangun Pasar Banyuwangi. Pasar yang berlokasi di jantung Kota Gandrung itu akan disulap menjadi lebih modern, nyaman, dan bersih. Rencana pembangunan pasar itu, disampaikan Bupati Abdullah Azwar Anas saat berbuka bersama dengan para pedagang pasar di Taman Blambangan Minggu lalu (29/7).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pasar Banyuwangi, kata Anas, memang sudah waktunya di-la kukan renovasi agar lebih ber sih dan tidak jadi bangunan ku muh di tengah kota. Selama ini, keberadaan pa sar sering menjadi sumber persoalan. Untuk mengurai berbagai persoalan itu, maka solusinya pasar Banyuwangi harus ditata ulang agar menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat yang lebih layak.

Perencanaan pembangunan pasar itu, lanjut Bupati Anas, sudah selesai dilakukan. Ke de pan, pasar akan bangun de ngan beberapa tingkat. “Rencana kita, lantai paling akan digunakan sebagai lokasi parkir kendaraan,” tegasnya. Konsepnya, semua kendaraan pengunjung pasar akan disediakan parkir di lantai atas. Dengan konsep ini, parkir kendaraan pengunjung pasar tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan di jalan raya.

Selama ini, arus kendaraan di Jalan Susuit Tubun sering kali ma cet karena luberan pedagang dan parkir pengunjung pasar. Hanya saja, rencana pembangunan pasar itu belum di putuskan kapan dilakukan. “Ka pan mulai dibangun, kami minta kesepakatan pedagang,” tegasnya. Kesepakatan pedagang, lanjut Bupati Anas, sangat berarti dan penting bagi pemerintah daerah.

Pemerintah daerah, tidak menghendaki pembangunan pasar Banyuwangi itu bernasib sama seperti pembangunan pasar Tanah Abang Jakarta. Pembangunan pasar Tanah Abang, beber mantan anggota DPR RI itu, sampai sekarang masih konflik. Pemicunya, setelah pasar selesai dibangun, semua pihak merasa punya hak untuk masuk.

Para pengusaha berebut untuk masuk pasar karena merasa punya hak. Begitu juga, pedagang pasar yang memang memiliki hak masuk terkendala tidak tersediannya agar untuk membeli petak. “Ka rena itu, sebelum pasar di bangun pedagang harus ada kesepakatan dulu. Kita akan mencari solusi damai yang menguntungkan semua pihak,” tegasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :