Pemuda Harapan Agama dan Bangsa

0
376

PEMUDA merupakan barometer sebuah agama dan negara. Jika pemudanya baik maka baik pula agama dan negara. Tapi, jika pemudanya rusak, maka rusak pula agama dan negara. Sebab, pemuda sebagai penerus yang akan mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan bangsa, maka potensinya sangat krusial dan strategis bagi perkembangan sebuah bangsa.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di tangan pemuda pula bangsa bergantung, baik kemajuan maupun kemundurannya. Pemuda tidak bisa di pandang hanya sebelahmata. Banyak sejarah membuktikan peran penting pemuda. Sebagaimana di masa Rosulullah banyak sahabat yang tergolong pemuda yang membantu perjuangan Rosulullah, di antaranya Ali bin Abi Tholib, Aisyah R.A, dan Umar bin Khottob.

Bahkan, kemerdekaan Indonesiapun ada di tangan para pemuda hingga lahir sebuah sejarah “Sumpah Pemuda” . Adapun kriteria pemuda dari segi agama adalah mulai dari akil baligh sampai usia 40 Tahun. Hal ini, meninjau kajian fkih, karena manusia akan mendapat sanksi hukum mulai akil baligh. Usia 40 tahun, meninjau sejarah Nabi Muhammad, dia diangkat menjadi Rosul yang menunjukkan bahwa usia 40 merupakan usia kemapanan mental dan berpikir.

Dari segi biologis, kategori pemuda adalah mulai usia 15 tahun sampai 30 tahun. Masa muda adalah masa penuh semangat, gairah, dan cemerlang. Sebagaimana menurut Dr. Yusuf Qordhowi, ibarat matahari maka usia muda ibarat jam 12 ketika matahari paling bersinar terang dan paling panas. Di samping itu, pemuda merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa pencarian jati diri.

Oleh karena itu, masa muda merupakan masa produktif yang memberi peluang cukup besar untuk melakukan karya-karya yang bermanfaat sebesar-besarnya. Semangat yang masih membara dan stamina Masih fit harus dijadikan modal untuk berkreasi dan melangkah ke hal yang positif. Adapun pemuda yang dibutuhkan agama dan bangsa harus memenuhi empat hal. Pertama ilmu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last