Pengunjung Grajagan Terus Menurun

0
707

pantai-grajakanPURWOHARJO – Wana Wisata Grajagan yang berlokasi di Dusun Grajagan pantai, Desa Grajagan, Kecamatan Purwuharjo, pernah jadi primadona tempat wisata Banyuwangi Selatan pada era 1990-an.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hampir setiap hari tempat wisata yang menyuguhkan panorama pantai dan alam pegunungan itu tidak pernah sepi pengunjung ketika itu. Hotel dengan beberapa kamar pun dibangun di lokasi wisata yang dikelola KPH Perhutani Banyuwangi Selatan itu.

Tetapi, kini tempat wisata yang ombak pantainya kerap dimanfaatkan untuk surfing itu seperti di tinggal pengunjung. “Tiket masuk mahal, sih,” cetus Zakaria, 40, salah satu pengunjung asal Surabaya. Menurut Zakaria, saat masuk ke wisata pantai Grajagan itu pengunjung ditarik Rp 12.500 per orang.

Loading...

Harga itu dinilai terlalu mahal jika dibandingkan tempat wisata lain di Bumi Blambangan. “Di sekitar pantai tidak ada apa-apanya,” katanya. Zakaria menyebut tidak ada yang istimewa di Pantai Grajagan saat ini. Hanya, di sepanjang tepi pantai sangat teduh karena banyak pohon yang rindang.

“Tiket mahal fasilitas tapi kurang mendukung. Ini tempat bermain anak-anak juga kurang terawat,” ujarnya. Hal senada juga disampaikan, Masruroh, 35, Salah seorang pengunjung asal Kecamatan Bangorejo itu mengaku Pantai Grajagan tidak ada perubahan sejak dirinya remaja dulu.

“Tidak banyak berubah, Hanya hotelnya yang terlihat baru,” cetusnya. Sementara itu, pengelola Wanawisata Grajagan, Joko Prakoso, menyampaikan sepinya minat pengunjung itu bukan semata-mata karena harga tiket masuk yang mahal.

“Tiket masuk Rp 12.500 itu hanya diberlakukan pada akhir pekan seperti Sabtu dan minggu. Kalau hari biasa hanya Rp 7.500 per orang,” terangnya. Mumculnya tempat wisata baru yang lebih menarik, jelas dia, adalah penyebab sepinya pengunjung Pantai Grajagan.

Apalagi sejumlah lokasi wisata justru digratiskan. seperti Pantai Pulau merah, Teluk Ijo, dan Pantai wedi Ireng. “Sekarang banyak pantai jarang terkenal. DuIu hanya Pantai Grajagan yang dikenal,” dalihnya seraya menolak menyebut jumlah pengunjung yang datang. (radar)

Loading...