Pernikahan Dini Tersisa 12 Persen

0
1747

Akibatnya, anak kurang perhatian dan terjerumus pada pergaulan bebas hingga terjadi kehamilan di luar nikah. “ Dulu tahun  2014 Kecamatan Cluring tertinggi angka pernikahan usia dini, tapi saat ini  sudah berubah,” sebut Pua tanpa mau menyebutkan kecamatan tertinggi angka  pernikahan dini tersebut.

Dampak pernikahan usia dini tersebut,  lanjut Pua Jiwa sangat besar karena salah  satunya mengakibatkan ibu hamil melahirkan meninggal dunia. Pasalnya usia ibu hamil masih muda kurang dari 21 tahun, dan jarak kelahiran terlalu rapat.

Untuk mengatasi persoalan tersebut selain gencar melakukan kampanye aksi  generasi remaja. Pihaknya juga melakukan kampanye keluarga berencana (KB)  melalui pencanangan kampung KB.  Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, setelah pencanangan kampung KB di Desa Sumber Baru tersebut, pihaknya akan dilanjutkan ke seluruh  wilayah.Targetnya akan ada 24 Kampung  KB di tahun 2017 ini.

“Target tahun ini ada 24 kampung KB  di Banyuwangi. Artinya di setiap satu  kecamatan ada satu kampung KB. Harapan kami dengan banyaknya kampung  KB kualitas penduduk Banyuwangi meningkat ,” kata Anas.

Program KB saat ini tidak hanya sekadar untuk meningkatkan peserta pengguna  alat kontrasepsi dan menekan jumlah penduduk. Namun Program KB lebih  mengarahkan dan mendidik masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam membangun keluarga dan memberikan  dampak strategis jangka panjang. Karena di Banyuwangi sendiri pengguna KB sudah mencapai 70 persen.

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Polresta Banyuwangi Kukuhkan Tiga Satgas Baru