Plantations Festival di Glemnore Meriah

  • Bagikan

GLENMORE – Untuk pertama kalinya festival yang menyuguhkan produk dan destinasi wisata perkebunan dan kehutanan digelar di areal kebun karet Perkebunan Kalirejo, Kecamatan Glenmore, kemarin.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Banyuwangi Festival 2015 tersebut diikuti Gabungan Perusahaan Perkebunan, Badan Konservasi Sumberdaya Alam, Taman Nasional Alas Purwo dan Meru Betiri, Perhutani, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Industri Gula Glenmore dan Rumah Sakit  Bhakti Husada, Glenmore.

Semua peserta memamerkan produk unggulan masing-masing di stan-stan yang sudah disediakan panitia. Ada gula merah, kakao, madu, karet, dan berbagai produk perkebunan maupun Perhutani lain. Selain produk, para peserta juga memajang gambar destinasi wisata di daerah masing-masing.

Semua ditinjau satu persatu oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan jajaran direksi  perkebunan dan Perhutani. Para pengunjung bebas melihat pameran tersebut. Bupati Anas mengaku sangat senang dengan pelaksanaan kegiatan Plantations Festival tersebut.

Sebab, itu bisa dimanfaatkan untuk ajang silaturrahmi antar jajaran perkebunan, Forpimda Banyuwangi, Forpimka Glenmore, dan masyarakat luas. Selain itu kegiatan tersebut sekaligus jadi ajang untuk mengenalkan produk dan destinasi wisata perkebunan dan Perhutani maupun taman nasional, kepada masyarakat luas termasuk generasi penerus.

“Semua potensi yang ada di Banyuwangi harus kita kenalkan ke masyarakat luas, kita kenalkan kepada dunia, termasuk potensi perkebunan dan Perhutani. Nah, Banyuwangi festival ini adalah salah satu cara kita mempromosikannya,” kata Anas dalam sambutannya di  hadapan para hadirin.

Direktur Produksi PTPN XII Ir. Suwarno, mewakili Dirut PTPN XII Irwan Basri, mengapresiasi langkah Pemkab Banyuwangi, karena pada tahun ini memberikan perhatian tersendiri kepada jajaran perkebunan BUMN maupun swasta dalam kegiatan Banyuwangi Festival.

Baca :
Pasien RSUD Blambangan Jatuh dari Lantai Dua Bangunan Proyek, Luka Serius Lalu Tewas

Dia mengakui, ide Plantations Festifal tersebut cukup brilian untuk mempromosikan segala produk maupun destinasi wisata perkebunan dan Perhutani, BKSDA serta Perhutani.  Meskipun, lanjutnya, pada momen pertama kegiatan tersebut digelar, masih diikuti oleh lingkup Banyuwangi.

Ke depan pihaknya ingin tersebut dilaksanakan dalam skala nasional. “Sehingga yang dipamerkan atau dipromosikan bukan hanya produk dari Jawa seperti sekarang ini, namun juga luar Jawa,” tandasnya. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Ikrori Hudanto berharap  agar perkebunan maupun Perhutani bisa selalu bersinergi dengan pemerintah maupun masyarakat sekitar.

Misalkan perkebunan maupun Perhutani bisa menjalin kemitraan dengan pemilik kebun rakyat, baik dalam hal budi daya dan pemasarannya. Sementara itu, Ketua Panitia Plantations Festival Ir. Ery Warman mengatakan, berbagai kegiatan yang digelar kemarin meliputi pesta kebun minum kopi dan cokelat, pameran produk perkebunan, kehutanan, pameran ternak serta hortikultura, IGG, penggalang Pramuka destinasi wisata.

Manajer Perkebunan Kalirejo itu menambahkan, panitia lokal kegiatan tersebut sepenuhnya ditangani dan di danai Gabungan Perusahaan Perkebunan serta sponsor. “Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan semua pihak, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ujamya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: