Sampah di Pantai Muncar Semakin Parah

  • Bagikan
Pantai di Pelabuhan Brak Kalimoro, Dusun Kalimoro, Desa Tembokrejo, Keca­ma­tan Muncar, sangat kumuh dan penuh sam­pah, kemarin (5/3).

MUNCAR – Persoalan sampah yang terjadi sekitar Pantai Muncar, Kabupaten Banyuwangi semakin parah. Sampah yang sebelumnya bertebaran di sekitar perairan, kini mulai naik ke daerah pantai, Senin (5/3/2018) kemarin.

Warga yang tinggal di sekitar pantai, mulai terganggu dengan sampah yang semakin banyak itu. Mereka berharap, ada perhatian khusus dari pemerintah.

“Sampahnya numpuk di pinggir pantai,” ujar Supriyadi, 45, Warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

Supriyadi menuturkan, tumpukan sampah di pantai itu akibat meluapnya air laut saat pasang. Sampah itu, kini menumpuk di pantai. “Sampahnya nyantol di pantai saat terbawa ombak,” katanya.

Salah satu nelayan, Sarkoni, mengatakan ikan di perairan Muncar ini menghilang salah satunya karena banyaknya sampah itu. “Ikannya menghilang jika banyak sampah seperti ini, lautnya sudah tercemar,” kata lelaki 52 tahun tersebut.

Sarkoni membandingkan saat air laut tidak tercemar, banyak ikan yang bisa didapat para nelayan. “Biasanya sehari nelayan bisa menangkap lima ton, sekarang hanya satu hingga dua ton,” cetus nelayan asal Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar tersebut.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: