Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Merosot

0
210

ikan-hasil-tangkapan-nelayan-merosot


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR – Para nelayan di pesisir Pantai Muncar kini resah. Sejak Agustus lalu, ikan tangkapan turun drastis dibanding  sebelumnya. Ikan yang biasanya  cukup banyak di sekitar Selat Bali,  seperti mendadak menghilang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Banyuwangi, H. Hasan Basri, mengatakan sejak awal Agustus  ikan hasil tangkapan nelayan menurun drastis. Itu berbeda  jauh dengan tahun sebelumnya  yang melimpah.

Loading...

Saat ramai, terang dia, kapal slerek sekali bekerja mampu membawa pulang ikan tangkapan jenis lemuru hingga enam ton. Tapi saat ini jauh merosot. “Ikan lemuru  masih ada, tapi tidak sebanyak  setahun lalu,” katanya.

Ikan jenis lemuru yang menghilang itu, lanjut dia, diduga karena dampak cuaca buruk yang mengakibatkan arus kencang.  Akibatnya, ikan banyak yang bermigrasi dan tidak berani muncul  ke permukaan. “Ikan tidak ada yang muncul,” ujarnya.

Selain itu, sebut dia, dampak pencemaran juga mengakibatkan ikan kabur dan tidak bisa  berkembang biak dengan baik.  Bahkan, pencemaran itu juga menyebabkan kematian telur ikan.

Belum lagi penangkapan ikan yang membabi buta dengan alat tangkap yang tidak sesuai  standar, hingga menyebabkan bibit ikan ikut tertangkap.

“Kami tidak bosan-bosan memberikan penyuluhan pada nelayan terkait  mata jaring dan alat tangkap nelayan,” cetusnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :