Sekolah Katolik Tutup saat Perang Kemerdekaan Berkecamuk

0
1325

Bangunan-rumah-biara-Katolik-di-Jalan-Agung-Suprapto-80,-Banyuwangi,-masih-berdiri-dan-dihuni-lima-suster.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

RUMAH biara di Jalan Agung Suprapto 80, Banyuwangi, ini dibangun pada tanggal 28 September 1956. Namun, rumah biara ini baru ditempati dan diberkati pada 10 Februari 1957. Awalnya, pada tanggal 12 Agustus 1950 sekitar pukul 14.30,  tiga orang suster datang ke Banyuwangi dari Jember untuk menjalankan tugas sebagai pendidik. Mereka  adalah Moeder Henrica Maria, Sr. Maria Mediatrice, dan Sr. Maria Clementia.

Dulu ketika para suster belum menempati tempat tinggalnya, para suster Katolik di Banyuwangi lebih banyak tinggal di rumah-rumah  para pastor di Banyuwangi. Para suster Katolik itu dulu diketuai seorang suster Belanda bernama  Moeder M. Oda.

Bangunan biara Katolik itu  masih sangat terawat hingga kini. Bangunan utama menghadap  ke arah selatan dan berada di  tepi Jalan Jaksa Agung Soeprapto. Di sebelah barat bangunan utama   ada paviliun untuk para tamu  yang menginap.

Loading...

Paviliun itu menghadap ke timur. Di sebelah  utara paviliun terdapat kapel. Bangunan kapel itu merupakan bangunan baru, dibangun jauh  setelah bangunan utama berdiri.  Meski tidak terlalu besar, tapi suasana dan kondisi biara tersebut sangat nyaman untuk ditinggali.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Satu dari Tiga ABG yang Hilang Terseret Arus Pantai Trianggulasi Ditemukan Tewas