SMK PGRI 2 Giri Dulu Bekas Rumah Pengusaha Belanda

0
2277

Bangunan-SMK-PGRI-2-Giri-Banyuwangi-di-Jalan-Mawar-16,-Kelurahan-Penataban,-Giri,-sebelum-direnovasi-dan-masih-beratap-seng.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANGUNAN tua di Banyuwangi masih menjadi incaran tim ekspedisi peninggalan kolonial Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa) dan komunitas Banjoewangie Tempo Doeloe (BTD). Kali ini tim ekspedisi mengunjungi  sebuah bangunan tua di Kelurahan  Penataban, Kecamatan Giri, yakni SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi.

Meski terlihat jadul (lawas), tapi konstruksi bangunan SMK PGRI 2 Giri Banyuwangi itu masih  terlihat kokoh. Bangunan dengan plafon tinggi, pintu dan jendela besar-besar menandakan bangunan itu peninggalan kolonial  Belanda pada zaman dulu.

Tampaknya, bangunan itu masih seperti aslinya dulu. Terlihat  hanya ada sedikit renovasi pada   bangunan tersebut, yakni renovasi lantai dan atap bangunan. Yang  dulu atap terbuat dari seng, saat   ini sudah diganti genting. Lantai bangunan pun demikian, dulu awalnya berlantai ubin, tapi saat ini sudah diganti keramik.

Informasi yang dikumpulkan Jawa Pos Radar Banyuwangi dan BTD, bangunan itu didirikan  pada tahun 1900-an. Kala itu pemerintah Belanda memerintahkan beberapa pengusaha asal Belanda membuka lahan perkebunan kopi, karet, tembakau,  teh, cokelat, dan lain-lain, di Pulau Jawa paling timur.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Baca :
Ratusan Hektare Hutan di Alas Purwo Terbakar