Waduk Bajulmati Jadi Destinasi Wisata Baru

0
754

Wakil-Bupati-Situbondo,-Yoyok-Mulyadi-(berkopyah),-ketika-mengunjungi-Waduk-Bajulmati-dua-pekan-lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEMENTARA itu, selain berfungsi menyuplai air irigasi ribuan lahan pertanian, Waduk Bajulmati juga akan memberikan berbagai manfaat lain bagi warga Banyuwangi. Waduk yang menelan anggaran mencapai Rp 422 miliar itu juga akan difungsikan sebagai penyedia air baku rumah tangga dan industri.

Tidak berhenti di situ, Waduk Bajulmati juga digadang-gadang menjadi destinasi wisata baru di kabupaten berjuluk The Sunrise  of Java ini.  Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Mudjiaji, mengatakan Waduk Bajulmati merupakan waduk multifungsi.

Bendungan yang mampu menampung  air hingga 10 juta meter kubik itu bisa digunakan mengairi 1.800 hektare lahan pertanian dan mengalirkan air baku hingga 110 liter per detik. Penyediaan air baku untuk air bersih sebesar 110 liter per detik,  rencananya akan dimanfaatkan  memenuhi kebutuhan air bersih  untuk 18 ribu kepala keluarga (KK) sebesar 50 liter per detik.

Selain itu, air baku sebesar 60 liter per detik akan dimanfaatkan untuk pelabuhan dan industri. Waduk Bajulmati juga akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik mikrohidro berkekuatan 340 kilowatt (kw). “Waduk Bajulmati merupakan waduk multifungsi. Selain berfungsi menjagaketersediaan air irigasi, waduk itu juga berfungsi sebagai penyedia air baku, penahan banjir, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, dan sebagai destinasi  wisata,” ujarnya pada acara pengisian awal Waduk Bajulmati 1 Desember 2015 lalu.

Yang tidak kalah penting, waduk  yang berlokasi di Desa Bajulmati,  Kecamatan Wongsorejo, itu juga akan dimanfaatkan pengembangan sektor perikanan dan konservasi air serta menjadi objek wisata baru di Banyuwangi.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi,  panorama alam dari Waduk  Bajulmati tersebut sangat  mena wan. Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas, menuturkan, keberadaan Waduk Bajulmati diharapkan  dapat mengurangi disparitas wilayah Banyuwangi Selatan dan Utara.

Disparitas dua wilayah itu terjadi karena kesuburan tanah  yang jauh berbeda. Lahan Banyuwangi  Selatan sangat subur dan pengembangan sektor pertanian  mudah. Sebaliknya, lahan di daerah Banyuwangi Utara tandus dan pertumbuhan sektor pertanian  lambat.

Nah, agar pertumbuhan  ekonomi antara utara dan selatan berjalan seimbang, maka  perlu ketersediaan air yang cukup untuk sektor pertanian  dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. “Waduk Bajulmati akan sangat bermanfaat untuk rakyat,” cetus Anas. (radar)

Loading...

Jual Obat Perangsang Wanita Blue Wizard Bandung COD 087722250111

Jual Obat Perangsang Wanita Blue Wizard Bandung COD 087722250111

JUAL OBAT PERANGSANG WANITA BANDUNG Bandung Pesan Antar Gratis Hp/Wa : 087722250111 Jual Obat Perangsang Wanita ” Blue Wizard ”…
04/12/2019
bandung
[yuzo_related]

Kata kunci yang digunakan :