Warga Istighotsah di Jalan

0
314
KHUSYUK: Puluhan warga menggelar pengajian di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Minggu malam lalu (28/10).
KHUSYUK: Puluhan warga menggelar pengajian di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Minggu malam lalu (28/10).

SEMENTARA itu, belum ada tanda-tanda aktivitas vulkanik Gunung Raung bakal turun. Bahkan, sampai kemarin (29/10), status gunung setinggi 3.332 meter dari permukaan laut (dpl) tersebut masih siaga (leve III). Hal itu membuat warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, waswas.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Agar diberi keselamatan, sebagian warga yang tinggal di desa tersebut memilih menggelar pengajian. Seperti yang dilakukan warga Dusun Mangaran pada Minggu malam lalu (28/10). Puluhan warga yang bermukim tak jauh dari Pos Pengamatan Gunung Raung menggelar doa bersama di jalan Selama istighotsah berlangsung, akses jalan menuju pos pengamatan gunung tersebut ditutup.

Loading...

Pengajian tersebut berlangsung selama 60 menit; dimulai pukul 18.00 dan berakhir sekitar pukul 19.00. Mereka juga membawa makanan untuk di santap bersama usai acara. Sebelum acara selesai, tokoh agama dusun setempat, Subagi menuturkan, doa itu dilakukan dengan tujuan agar diberi keselamatan oleh Tuhan.

Sebab, gunung raung masih berstatus siaga. ‘’Semoga kita semua men dapatkan berkah dan dijauhkan dari marabahaya,” ungkapnya kepada jamaah. Warga lain, Guntoro mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya sudah sering digelar. Hanya, selama ini istighotsah dilakukan di tempat-tempat ibadah. ‘’Biasanya dilakukan di masjid,’’ ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi di sela-sela pengajian berlangsung.

Dia menjelaskan, menyusul status Gunung Raung yang terus mengalami peningkatan, sebagian warga sudah berkemas. Barang-barang berharga dikumpulkan menjadi satu. ‘’Sebagian warga sini, barang-barangnya sudah diwadahi karung. Kalau ada apa-apa, biar cepat,’’ katanya. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2