Warga Kabat Temukan Ribuan Koin China Kuno

0
192


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Ribuan koin kuno bertuliskan huruf Cina ditemukan Mastur (40), warga Dusun Sumberan, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, saat sedang mencari dedaunan untuk pakan kambingnya.

Ketika itu, dia bersama seorang temannya, Awarudin, tengah memotong dedaunan pohon. Secara tidak sengaja, dia melihat koin di bawah pohon tersebut. Selanjutnya Mastur dan temannya menggali tanah tersebut dan ternyata di tempat itu terdapat gundukan koin kuno itu.

Posisi koin tersebut tidak terlalu dalam. Kedalamannya hanya sekitar beberapa sentimeter di bawah tanah. Selanjutnya Mastur dan temannya mengumpulkan koin tersebut dan memasukkannya ke dalam waring atau karung plastik.

“Setelah dihitung, jumlah koin tersebut mencapai 2.200 keping. Sebagian koin tersebut dibawa teman saya. Saya hanya membawa ini saja,” ujarnya ditemui di rumahnya Kamis (26/4/18) siang.

Mastur menyatakan, di tempat itu memang sering di temukan beberapa benda kuno. Beberapa tahun sebelumnya, seorang tetangganya juga menemukan koin serupa. Koin itu ditemukan berada di dalam sebuah guci berukuran besar. “Kalau yang pertama itu sekitar sepuluh tahunan yang lalu,” ungkapnya.

Pria ini mengaku tidak tahu harus diapakan koin yang berbentuk bulat dengan lubang berbentuk segi empat di tengahnya itu. Untuk itu, dia menghubungi petugas desa setempat dan selanjutnya dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Kabat AKP Supriyadi mengatakan pihaknya mendapatkan informasi dari warga tentang penemuan koin tersebut. Selanjutnya dia mendatangi lokasi dan benar ditemukan koin kuno yang bertuliskan huruf China. “Kemungkinan ini peninggalan dinasti China,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Supriyadi, koin kuno tersebut diamankan di polsek. Untuk  pemilik yang menemukan, diberi berita acara serah terima. Rencananya koin kuno itu akan diserahkan kepada Dinas Purbakala untuk diteliti lebih lanjut.

Mengenai lokasi penemuan koin tersebut, Supriadi menyebut wilayah itu memang bagian dari Kerajaan Blambangan. “Menurut warga, ini dulu wilayah kerajaan Blambangan saat dipimpin Prabu Tawangalun,” katanya.

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :