Warga Luar Daerah Memadati Muncar

0
597

MUNCAR – Upacara petik laut yang diselenggarakan para nelayan di Kecamatan Muncar pagi ini tampaknya akan berlangsung meriah. Warga dari luar daerah, seperti Surabaya dan Madura, mulai berdatangan di Pelabuhan Muncar kemarin (28/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Warga dari luar daerah itu datang bersama anggota keluarga. Mereka ramai-ramai ke Muncar untuk me lihat petik laut dengan menyewa bus. “Kami setiap tahun carter bus, kebetulan punya keluarga di Muncar,” cetus Siti Asiyah, 54, salah seorang pengunjung asal Kabupaten  Sumenep, Madura.

Tradisi petik laut di Muncar, terang dia, adalah upacara petik laut yang paling meriah dibanding daerah lain di Jawa dan Madura. Selain kekompakan dan kerukunan masyarakat, rangkaian kegiatannya juga sangat banyak dan menghibur.

“Di Muncar itu seminggu sebelum petik laut sudah ramai, beda dengan  tempat lain,” katanya.  Warga lain, Rohidi, 43, asal Pulau  Raas, Kabupaten Sumenep, me ngaku  sudah datang ke Muncar ber sama  istri dan anak sejak Senin malam (26/10).

Loading...

“Kami ingin ikut larung sesaji.  Ingin ngalap berkah,” cetusnya.  Sementara itu, jelang larung sesaji yang akan dilaksanakan siang ini  (29/10), para nelayan dari Desa  Kedungrejo, Kecamatan Muncar, menggelar kirab sesaji dengan mengelilingi kampung dan pantai.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2