Waspada Cuaca Buruk di Banyuwangi Selatan

0
105

Tinggi Ombak Bisa Mencapai 3 Meter

BANYUWANGI – BMKG memprediksi cuaca semakin memburuk di  Banyuwangi sepanjang Januari ini. Sepanjang bulan ini diperkirakan akan banyak hujan dan petir, terutama  di wilayah Banyuwangi Selatan. Prakirawan stasiun BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto mengatakan, sejak Januari hingga April 2017 mendatang, wilayah Banyuwangi memasuki  masa puncak musim hujan.

‘’Bulan  Januari ini, cuaca hujan akan lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya,’’ ujarnya kemarin (12/1).  Yustoto mengimbau, masyarakat yang sedang beraktivitas atau berkunjung di wilayah Banyuwangi  Selatan harap waspada. Karena intensitas hujan lebat dan disertai  petir akan lebih banyak terjadi.

‘’Khususnya para nelayan harus lebih hati- hati karena tinggi gelombang di Banyuwangi Selatan beberapa hari ke depan bisa mencapai tiga meter atau lebih,’’ jelasnya.

Karena itu, kata dia, para nelayan harus lebih ekstra hati-hati saat bekerja. Para nelayan diminta meningkatkan kewaspadaan demi keselamatan masing-masing. Sementara itu, tingginya curah hujan kali ini karena pengaruh muson Asia(musim angin barat) yang membawa  uap air. Kondisi itu menyebabkan ting ginya potensi pembentukan kejadian cuaca ekstrem.

‘’Kejadian cuaca ekstrem ini bisa terjadi di darat maupun di perairan. Semuanya sama-sama berpotensi menimbulkan bencana,’’ tuturnya. (radar)

Loading...