Waspadai Omicron Meluas di Jatim, Penumpang Kapal Banyuwangi-Bali Diperiksa Ketat

  • Bagikan
Waspadai Omicron meluas di Jatim, Polresta Banyuwangi lakukan pengetatan seluruh penumpang penyeberangan Banyuwangi-Bali. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

Menyusul ditemukannya beberapa warga Jawa Timur yang terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron, Polresta Banyuwangi langsung mengambil respon cepat. Pengetatan di pelabuhan Ketapang Banyuwangi pun dilakukan seketika.

Seluruh penumpang kapal jalur penyeberangan Banyuwangi – Bali diperiksa satu per satu secara ketat. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan lebih luas yang memungkinkan terjadi karena mobilisasi penumpang asal Bali menuju Banyuwangi.

Selain pemeriksaan dokumen keterangan sehat bebas Covid, polisi juga mengambil sampel tes Covid-19 secara acak. Apabila ditemukan penumpang yang terindikasi Omicron maka akan langsung dilakukan langkah pencegahan sesuai aturan yang berlaku.

Pengetatan ini juga merupakan implementasi Inmendagri Nomor 01 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali, yang berlaku mulai tanggal 4 Januari – 17 Januari 2022 mendatang.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu mengatakan, pengecekan Posko Check Point penyekatan Pelabuhan ASDP Ketapang, dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi pos penyekatan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali.

“Pengetatan di Pelabuhan Ketapang dan di seantero Banyuwangi dilakukan untuk kebaikan kita semua,” katanya, Selasa (11/1/2022).

Menurutnya, pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi merupakan objek vital yang menjadi pintu masuk terbesar ke pulau Jawa dari sisi timur. Sebab itu, pengetatan penting dilakukan agar penyebaran Omicron bisa ditekan dan dicegah sejak dini.

“Bagi masyarakat yang melintas di Pelabuhan ASDP Ketapang dilakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap masyarakat yang baru datang dari Bali maupun yang akan menyeberang ke Bali. Surat-surat yang dicek antara lain, KTP, Kartu telah vaksin, dan surat Rapid Test antigen serta barcode aplikasi peduli lindungi,” tambahnya.

Ditambahkan oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan, AKP Ali Masduki, petugas kepolisian terus melakukan pengawasan dan penyekatan arus perlintasan Jawa – Bali di Pos Check Poin Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Kegiatan random sampling rapid test antigen dilakukan kepada penumpang Jawa-Bali ini.

“Pemeriksaan kita lakukan secara rutin. Baik yang mau ke Bali ataupun sebaliknya. Random Sampling rapid test antigen kita lakukan pula untuk mengantisipasi Omicron,” kata AKP Ali usai melakukan pemeriksaan terhadap penumpang penyeberangan Banyuwangi-Bali di pelabuhan Ketapang.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/391156/waspadai-omicron-meluas-di-jatim-penumpang-kapal-banyuwangibali-diperiksa-ketat

Baca :
Apes! Warung Milik Janda di Banyuwangi Rusak Parah Tertimpa Pohon
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: