Hasil Rapid Test Reaktif, Enam Karyawan PT Medco Diisolasi di Hotel Banyuwangi

  • Bagikan
Foto: Nusadailycom

BANYUWANGI – Hasil rapid test 2 dari 6 karyawan PT. Medco Ijen Geotermal yang hendak melintasi cek poin Banyuwangi-Bondowoso di Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, dinyatakan reaktif.

Dilansir dari Nusadailycom, alhasil karyawan perusahaan gas alam tersebut harus menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Banyuwangi.

“Iya benar mas. Dari 6 karyawan PT Medco, 2 di antaranya hasil rapid test reaktif,” kata Sekretaris Kecamatan Licin, Iwan Yos saat dikonfirmasi Nusadailycom, Selasa (12/5/2020).

Keenam pekerja PT Medco tersebut, jelas Iwan, sebenarnya sudah mau melintasi pos pantau perbatasan Banyuwangi – Bondowoso pada Senin (11/5/2020) malam.

“Kemarin malam sudah melintas di pos. Mereka membawa surat dari Rumah Sakit Yasmin, dan ternyata 2 orang dinyatakan reaktif rapid test,” ujarnya.

Petugas akhirnya meminta rombongan tersebut tidak melanjutkan perjalanannya, dan kembali ke Sempol Bondowoso.

“Kita minta agar putar balik,” ujarnya.

Sayangnya travel yang ditumpangi keenam karyawan PT Medco ini menolak untuk kembali ke Sempol.

Sang sopir memilih meninggalkan penumpangnya tersebut di pos pantau, karena merasa khawatir atas hasil rapid test 2 penumpangnya itu.

“Kemudian petugas menghubungi pihak perusahaan agar melakukan penjemputan terhadap 6 karyawannya tersebut. Mereka pun dijemput dan kembali ke mes para karyawan PT Medco,” terang Iwan.

Hanya saja, sekembalinya 6 pekerja tersebut, membuat resah pekerja lainnya. Mereka khawatir, jika 2 orang yang hasil rapid tesnya reaktif ternyata positif Covid-19.

“Dari pernyataan mereka, saat kembali ternyata menimbulkan kehebohan karyawan lain,” kata Iwan.

Akhirnya rombongan tersebut memaksa kembali turun ke arah Banyuwangi sekitar pukul 17.30 WIB, Selasa (12/5/2020) petang.

Sempat terjadi penghadangan di pos pantau, namun akhirnya ke-6 karyawan tersebut diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di Banyuwangi.

“Sekarang mereka mendapat izin dari dr Rio (Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi) untuk isolasi mandiri 14 hari di hotel,” kata Iwan.

“Tadi kita kawal dan sudah dipastikan mereka masuk ke kamarnya masing-masing,” imbuhnya.

Masih kata Iwan, selama masa isolasi, Dinas Kesehatan sudah memerintahkan Puskesmas terdekat untuk memantau kesehatan 6 karyawan PT Medco tersebut, khususnya 2 orang yang reaktif rapid test.

“Infonya juga menunggu hasil swab dari 2 orang yang reaktif,” tutupnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: