ASN, TNI dan Polri di Banyuwangi Belajar Ilmu Komunikasi

0
153


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian di Banyuwangi mengikuti kelas motivasi bertajuk ‘Memperkuat Kemampuan Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja’ di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (6/9/2018).

Mereka belajar langsung kepada salah satu motivator komunikasi ternama di Indonesia, Dr. Aqua Dwipayana.

Kemampuan komunikasi yang baik, menurut Aqua, merupakan elemen penting dalam dunia kerja. Hampir semua kesalahan kerja berawal dari kesalahan komunikasi yang buruk. Baik komunikasi antara atasan ke bawahan, maupun komunikasi ke pihak yang lain.

“Setiap orang harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Apalagi bagi seorang pelayan masyarakat ini. Mutlak harus menguasai,” kata dia.

Ada beberapa tips yang ditawarkan oleh pakar komunikasi lulusan Universitas Pedjadjaran itu. Yang pertama adalah memberikan penghargaan kepada lawan bicaranya. Yaitu dengan menghargai lawan bicara sebagai mitra.

“Ketika ada saling menghargai di dalam tempat kerja maka dengan sendirinya kekerabatan dan keharmonisan akan terjalin dan akan melancarkan pekerjaan kita dengan sendirinya,” tutur pria kelahiran Pematang Siantar tersebut.

Yang tak kalah pentingnya adalah adanya perhatian. Lebih-lebih bagi seorang pemimpin atau komandan kepada bawahannya. “Jangan sampai mentang-mentang jadi pemimpin, komunikasi ke bawahannya dengan membentak-bentak,” ujar penulis buku Komunikasi Jari Tangan itu.

Lebih dari itu, ia juga mengingatkan kepada para audiens untuk bisa menempatkan diri dalam setiap usaha komunikasi yang dibangun. Kealpaan dalam memahami kondisi dan waktu itulah yang menjadikan komunikasi gagal mencapai tujuan yang dikehendaki.

“Hal ini mengharuskan kita senantiasa belajar,” tegasnya.

Selain dihadiri oleh ASN, TNI, Kepolisiaan, kegiatan tersebut juga diikuti oleh para istrinya. Kehadirannya dinilai strategis untuk juga memahami tugas-tugas yang diemban pasangannya dan bagaimana menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang membuka acara motivasi tersebut, mengapresiasi kebersamaan semua sektor untuk belajar bersama.

“Kegiatan ini sendiri sudah mencerminkan spirit komunikasi yang baik. Bagaimana pihak pemerintah, TNI, polisi dan keluarga belajar bersama. Ini tidak mungkin terjadi jika komunikasi tidak terjalin,” katanya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/10/2018
JAKARTA

Baca Juga :