Blackout!! Marina Pratama Terombang-Ambing di Laut, Penumpang Panik

0
1073

kmp-marina-pratama


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KETAPANG – Sebuah kapal motor penumpang (KMP) yang hendak menyeberang ke Gilimanuk dari Pelabuhan Ketapang mendadak  berhenti di tengah laut pagi kemarin. Diduga KMP bernama lambung Marina Pratama itu mengalami blackout mesin, sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Kapal pun harus menunggu di tengah lautan lebih dari  tiga jam sebelum dapat bersandar di Pelabuhan Gilimanuk. Dalam kondisi mesin mati, penumpang kapal sempat panik karena kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

Manajer Usaha ASDP Ketapang,  Ardhi Ekapati, menjelaskan, awalnya KMP Marina Pratama  bertolak dari Ketapang pukul 05.48. Kapal tersebut mengangkut 33 unit kendaraan roda dua, 4 unit kendaraan keluarga, 2 unit truk  sedang, 1 unit bus besar, 1 unit truk besar, dan 2 penumpang.

Pukul 06.42 saat sedang menanti jam sandar di dekat Pelabuhan Gilimanuk, tiba-tiba kapal mengalami mati mesin. Padahal, posisi kapal sudah dekat dari pelabuhan. Agar tidak kandas, kapal yang dinakhodai Kurniawan itu meminta bantuan kepada KMP Reny II untuk men-jumper kompresor udara (air compressor) agar mesin bisa  kembali dihidupkan.

Tak lama kemudian, dua KMP lain, yaitu KMP Reny II dan KMP  Satria Nusantara, tiba. Kedua kapal itu langsung membawa KMP Marina Pratama kembali  ke tengah laut. “Kompresor udara kehabisan angin, sehingga menyebabkan blackout. Setelah diisi angin oleh KMP Reny II,  KMP Marina Pratama bisa hidup  lagi. Beruntung semua penumpang dalam keadaan baik-baik  saja. Kapal pun bisa melanjutkan perjalanan,” jelas Ardhi.

Sekitar pukul 10.33, KMP Marina Pratama akhirnya bisa bersandar di dermaga MB II Gilimanuk. Seluruh penumpang dan muatan  langsung diturunkan dan  diperiksa petugas Pelabuhan  Gilimanuk.

“Saat ini KMP Marina Pratama masih berlabuh di  perairan utara LCM Gilimanuk dan dilakukan pemeriksaan oleh marine inspector/kesyahbandaran Pelabuhan Gilimanuk,” pungkas Ardhi. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :